• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 5 Desember 2022

Madura

Demi Jaga Keamanan, Banser di Sampang Rela Tunda Tarawih

Demi Jaga Keamanan, Banser di Sampang Rela Tunda Tarawih
Apel Pasukan Banser Ketapang, Kabupaten Sampang, menjaga masjid-masjid yang melaksanakan shalat Tarawih. (Foto: NOJ/Fahromi Nashihuddin)
Apel Pasukan Banser Ketapang, Kabupaten Sampang, menjaga masjid-masjid yang melaksanakan shalat Tarawih. (Foto: NOJ/Fahromi Nashihuddin)

Sampang, NU Online Jatim

Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Ketapang, Kabupaten Sampang, Madura, memulai program Siaga Pengamanan Ramadhan (Sinar), Minggu (3/4/2022). Di program itu, anggota Banser disebar ke sejumlah masjid menjaga jamaah yang melaksanakan shalat Tarawih.


Mahmudalifah, Kepala Satkoryon Banser Ketapang, mengatakan bahwa program tersebut digagas dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga yang melaksanakan ibadah shalat Tarawih di masjid-masjid setempat. Kegiatan itu dilaksanakan setiap Ramadhan dan berjalan mulai tahun lalu.


"Program ini bertujuan untuk memberi rasa aman dan nyaman kepada warga yang menunaikan ibadah shalat Tarawih berjamaah di Masjid, agar khusyuk dan tidak lagi berpikir sepeda dan barang-barang mereka hilang," katanya, Senin (04/04/2022).


Tidak hanya berjaga di masjid-masjid, Mahmudalifah menjelaskan, pasukan Banser juga ada yang bertugas patroli memantau kondisi desa, guna meminimalisasi angka pencurian karena ditinggal pemiliknya shalat Tarawih.


Karena menjaga jamaah, pasukan Banser pun terpaksa menunda Tarawih. Mereka baru melaksanakan shalat Tarawih ketika jamaah selesai. “Kami juga melakukan giat ibadah shalat Tarawih ketika tugas menjaga jamaah selesai,” tandas Mahmudalifah.


Madura Terbaru