• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Metropolis

Gelas Warna-warni Berjejer di Area Masjid Ampel Surabaya saat Tarawih, untuk Apa?

Gelas Warna-warni Berjejer di Area Masjid Ampel Surabaya saat Tarawih, untuk Apa?
Gelas warna-warni di area masjid Sunan Ampel Surabaya. (Foto: NOJ/ Hisam Malik).
Gelas warna-warni di area masjid Sunan Ampel Surabaya. (Foto: NOJ/ Hisam Malik).

Surabaya, NU Online Jatim

Beragam upaya bisa dilakukan untuk mengisi bulan suci Ramadlan agar kualitas ibadahnya menjadi lebih baik. Salah satunya shalat tarawih yang secara umum di lndonesia banyak dijumpai dilaksanakan secara berjamaah di tempat ibadah seperti mushala dan masjid.

 

Hal ini juga bisa dijumpai di Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya. Di tempat ini ibadah shalat tarawih dilakukan secara berjamaah dengan dipimpin oleh seorang imam meski terkadang ada juga yang shalat secara sendirian.

 

Menariknya, ada hal sederhana yang tak biasa dilihat di masjid pada umumnya. Di Masjid Sunan Ampel Surabaya ini nampak gelas warna-warni berjejer berisi air yang sengaja dibariskan dengan jumlah yang agak banyak. Tepatnya di dekat salah satu tiang masjid.

 

“Gelas-gelas yang berisi air itu memang sengaja diletakkan pada salah satu tiang masjid yang berdekatan dengan para jamaah yang shalat agar nanti ketika merasa haus bisa langsung meminumnya,” ucap Shofiullah, salah satu jamaah yang mengikuti shalat tarawih, Selasa (13/04/2021) malam.

 

Ia menjelaskan, gelas-gelas air itu memang disiapkan oleh pengurus masjid agar para jamaah yang haus bisa langsung mundur terlebih dahulu untuk minum di tempat yang sudah disediakan.

 

 

“Karena pas shalat terawih biasanya menyelesaikan satu hari satu jus Al-Qur’an. Makanya dengan waktu yang agak lama tersebut para pengurus menyiasati dengan menyediakan air yang berada tidak jauh dari para jamaah dan bagi saya itu hal yang sederhana tapi manfaatnya terasa. Jadi setelah minum karena haus, bisa melanjutkan shalat tanpa tertinggal,” pungkasnya.

 

Editor: Romza


Editor:

Metropolis Terbaru