• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 2 Juli 2022

Malang Raya

Gunung Semeru Keluarkan Awan Panas, TNBTS: Hati-hati dan Waspada

Gunung Semeru Keluarkan Awan Panas, TNBTS: Hati-hati dan Waspada
Tangkapa layar dari Instagram Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.
Tangkapa layar dari Instagram Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

Malang, NU Online Jatim

Beredar video yang tersebar di WhatsApp Grup kondisi di daerah Wulu Titik Nol Desa Supituran, Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang mengalami guguran awan panas. Dalam video tersebut, terlihat gumpalan asap pekat menjulang ke atas. Selain itu, tampak pula warga berhamburan.



Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Syarif Hidayat memberikan konfirmasi sekaligus meminta maaf belum bisa mengeluarkan informasi lebih detail atas kondisi tersebut.

 

Selanjutnya, pihaknya mengimbau kepada masyarakat sekitar untuk terus memantau dan waspada tehadap kondisi secara terus menerus. Sebab, antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan menjadi prioritas keselamatan.

 

"Diinformasikan ada Awan Panas Gugurandan (APG) masyarakat yang ada di bawah diminta waspada. Terutama yang berdekatan dengan sungai diminta hati-hati dan waspada," pesan singkat Syarif Hidayat 

 

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Hj Khofifah Indar Parawansa memberikan pesan bahwa video yang diunggah dari Bupati Lumajang, BPBD dan masyarakat sekitar. 

 

"Saat ini sedang terjadi peningkatan aktivitas Gunung Semeru," tulis Khofifah di akun instagram pribadinya.

 

Ia meminta agar waspada, khususnya masyarakat terdekat dapat mengevakuasi agar aman selamat. Gerak cepat dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi dan Kabupaten. 

 

 

"Saat ini BPBD Provinsi sudah bergerak, BPBD Kabupaten Lumajang sudah merapat. Bupati Lumajang juga bergerak ke lokasi. Insyaallah malam ini saya ke lokasi. Mohon ihtiar dan doa mugi selamet sedoyo," ujarnya.

Editor: Romza

 

 


Editor:

Malang Raya Terbaru