• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Mei 2024

Malang Raya

Gus Idris Al Marbawy Sosok yang Bijak dan Sejuk dalam Berdakwah

Gus Idris Al Marbawy Sosok yang Bijak dan Sejuk dalam Berdakwah
Gus Idris Al-Marbawy dalam suatu kesempatan. (Foto: NOJ/Dokumen Pribadi)
Gus Idris Al-Marbawy dalam suatu kesempatan. (Foto: NOJ/Dokumen Pribadi)

Malang, NU Online Jatim

Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas Islam Malang (Unisma) periode 2023, Habib Sholeh Jamalullail mengatakan, di momentum Ramadhan ini perlu mengenal sosok Gus Idris Al-Marbawy.


Menurutnya, Gus Idris Al-Marbawy merupakan sosok ulama muda yang alim dan menaruh perhatiaan tinggi terhadap pentingnya berdakwah dengan cara yang bijak dan sejuk.


Habib Sholeh menyebut, dakwah merupakan medium untuk mengajak umat pada kebajikan yang harus berpedoman pada garis-garis yang sejalan dengan kebaikan dengan mengedepankan kasih sayang dan menjaga persatuan serta berakidah Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja).


"Hal tersebut sering Gus Idris sampaikan dalam acara Majelis Ta'lim Thoriqul Jannah," ujar Habib Sholeh Jamalullail, Ahad (07/04/2024).


Dirinya menjelaskan, Gus Idris Al-Marbawy sering turun ke masyarakat. Bukan hanya itu, juga merangkul pemuda dan anak-anak jalanan, tidak membeda-bedakan apapun latar belakang umat semua dirangkul untuk diajak ke jalan kebenaran.


"Beliau juga penuh kasih sayang dalam berdakwah dan menjunjung serta merawat kerukunan antar umat beragama," terangnya.


Ia mengaku, keberhasilan Gus Idris Al Marbawy dalam menyampaikan ajaran-ajaran Islam Aswaja adalah untuk menciptakan kemaslahatan. Terutama dalam hal mengajak umat pada kebaikan, menyampaikan nasihat atau pesan dengan tujuan memberikan manfaat.


Dakwahnya lemah lembut menyebarkan cinta dan kasih sayang Allah yang membuat hati pendengarnya sejuk, sekalipun banyak tantangan serta rintangan hujatan fitnah yang telah di alami. "Beliau tidak pernah sedikitpun berhenti atau menyerah dalam berdakwah mengajak masyarakat agar lebih baik dari sebelumnya," jelasnya.


Gus Idris Al Marbawy juga kerap berbaur dengan masyarakat yang dipandang sebelah mata, dan juga memberikan jalan keluar dalam segala permasalahan kehidupan.


Sikap dan akhlak mulia Gus Idris Al Marbawy yang penuh kesabaran serta karismatik membuat masyarakat yang tidak mengenal ajaran Islam Aswaja terketuk ingin mempelajari dan mengamalkannya.


Malang Raya Terbaru