• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Mei 2024

Malang Raya

Jelang Arus Mudik, Pj Wali Kota Malang Gelar Tes Kesehatan untuk Sopir Bus

Jelang Arus Mudik, Pj Wali Kota Malang Gelar Tes Kesehatan untuk Sopir Bus
Pemeriksaan kesehatan dan cek urine narkoba Sopir Bus AKAP dan AKDP di Terminal Arjosari, Malang, Selasa (02/04/2024). (Foto: NOJ/Moch. Miftachur Rizki)
Pemeriksaan kesehatan dan cek urine narkoba Sopir Bus AKAP dan AKDP di Terminal Arjosari, Malang, Selasa (02/04/2024). (Foto: NOJ/Moch. Miftachur Rizki)

Malang, NU Online Jatim 
Sebanyak 118 sopir bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Arjosari, Kota Malang dites kesehatan dan cek urine narkoba jelang arus mudik dan arus balik lebaran 2024, Selasa (02/04/2024).

 

Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat mengungkapkan bahwa pemeriksaan kesehatan tersebut dijalankan untuk mengetahui kesehatan para pengemudi transportasi umum di Terminal Arjosari.

 

"Hari ini mengecek kondisi kesehatan dari semua pengemudi, semua jalur baik dari angkutan luar dan juga angkutan dalam kota. Alhamdulillah tadi ada Kementerian Kesehatan untuk mengecek secara langsung," kata Wahyu Hidayat seusai meninjau pemeriksaan kesehatan sopir.

 

Ia juga menjelaskan bahwa hasil dari pemeriksaan kesehatan rata-rata dinyatakan baik. Namun, berdasarkan data terdapat beberapa sopir yang mengalami tekanan darah tinggi dan gula darah.

 

"Tapi kami sudah menyampaikan kepada mereka untuk tetap menjaga kesehatan. Pada kondisi ini memang masih puasa, jadi memang pemeriksaan berbeda pada saat mereka mengemudikan dengan waktu yang normal. Tapi secara umum pemeriksaan yang dilakukan hari ini aman tidak ada masalah. Namun tetapi diberi vitamin dan obat-obatan untuk menjaga kesehatan," terangnya.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, Husnul Muarif menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan pengecekan kesehatan untuk 118 Sopir Bus AKAP maupun AKDP di Terminal Arjosari.

 

"Dari 118 itu, ada sekitar 32 sopir yang mengalami hipertensi dan sekitar 16 yang gula darahnya di atas normal. Ini sudah diberikan edukasi sama teman-teman, sudah diberikan obat-obatan, dan diberikan saran seperti apa waktu melakukan mengemudi bus nya dari sini hingga tempat tujuan," tuturnya.

 

Husnul juga menyampaikan beberapa rekomendasi kepada PO ataupun sopir khususnya yang jarah jauh atau AKAP.

 

"Paling tidak untuk AKAP harus ada sopir cadangan. Sehingga kelelahan bisa dihindari, Alhamdulillah dari tes narkoba 7 parameter, Insyaallah negatif semua untuk 50 sampling yang kita periksa," tandasnya.


Malang Raya Terbaru