• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 27 Januari 2023

Malang Raya

LAZISNU Lowokwaru Malang Sebarkan Sembako Bagi Isoman

LAZISNU Lowokwaru Malang Sebarkan Sembako Bagi Isoman
LAZISNU Lowokwaru Malang saat menerahkan bantuan kepada warga yang anggota keluarganya meninggal dunia. (Foto: NOJ/MJ)
LAZISNU Lowokwaru Malang saat menerahkan bantuan kepada warga yang anggota keluarganya meninggal dunia. (Foto: NOJ/MJ)

Malang, NU Online Jatim

Care Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, melakukan kegiatan 'Saling Berbagi Untuk Warga Isolasi Mandiri'. Hal itu dilakukan untuk meringankan mereka yang terpapar Covid-19.

 

Ketua NU Care LAZISNU MWCNU Lowokwaru H Miftahul Arifin menuturkan, bagi-bagi paket sembako sudah dimulai sejak sehari setelah digagas. Awalnya menggunakan dana seadanya langsung dibelanjakan sembako dan disalurkan. Hingga sekarang sudah banyak donatur yang ikut berdonasi.

 

"Sementara ini kita bagikan 100 paket sembako, itu akan terus bertambah. Karena banyak respon yang ikut berbagi, termasuk Dosen NU di Universitas Negeri Malang, juga para aghniya," kata Miftah melalui sambungan telepon, Kamis (15/07/2021).

 

Ia menjelaskan, di Kota Malang utamanya, Kecamatan Lowokwaru, banyak yang terpapar Covid-19 diwajibkan untuk menjalani isolasi mandiri. Dari situ, pihaknya tergerak untuk meringankan beban, terlebih yang bekerja tidak bisa bekerja harus berdiam diri.

 

Warga yang menjalani isoman diberikan sembako berupa beras 5 kg, minyak goreng 2 liter, telor, ibu-ibu muslimat juga nambahi garam, masker, handsanitizer.

 

Syarat penerima hanya menunjukkan fotocopy KTP dan hasil pemeriksaan swab antigen atau rapid antigen. Serta termasuk wilayah warga Kecamatan Lowokwaru.

 

"Data yang memastikan terkonfirmasi positif dan menjalani isolasi mandiri. Maka kita membagikan paket sembako, selain itu makanan siap saji, ada 100 paket Ayam Nelongso hari ini, dan besok juga sebanyak 100 porsi," terangnya.

 

Miftah mengaku belum mengetahui jumlah pasti isoman di Kecamatan Lowokwaru. Pendataan terus dilakukan. Namun yang jelas sudah ada lebih dari  50 paket tersalurkan. Ia berharap beberapa banom menyebarluaskan informasi kegiatan tersebut.

 

"Kita bekerjasama kepada banom-banom NU, untuk menginformasikan. Mungkin tetangga di wilayahnya, atau ada warga menjalani isoman harap bisa menghubungi kami," imbuhnya.

 

Miftah menambahkan, NU Care Lowokwaru tidak bekerja sendiri. Banyak dibantu oleh sahabat-sahabat Ansor, Banser, ibu-ibu muslimat untuk membantu mendistribusikan  paket sembako. Selian semakin banyak yang berperan juga semakin banyak yang bisa disebarkan.

 

Bagi donatur yang ingin berpartisipasi bisa langsung menghubungi call center narahubung 081230365291 (Call center NU CARE) atau 085850784671 ( Ernah). Donasi juga bisa ditransfer melalui NU CARE LAZISNU LOWOKWARU BRI: 0344-01-001320-30-4 atau BNI SYARIAH : 7703770313.

 

Tambahan dengan mencantumkan nominal Rp19 rupiah di akhir yang ingin ditransfer. "Kalau Rp 5 juta, berarti nominal Rp5.000.019,-, ini untuk lebih memastikan dana untuk kegiatan membantu isoman," pungkasnya.

 

Editor: Nur Faishal


Malang Raya Terbaru