• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 17 Agustus 2022

Malang Raya

Mahasiswa Unisma Beberkan Fadilah Shalawat Nuril Anwar

Mahasiswa Unisma Beberkan Fadilah Shalawat Nuril Anwar
Kajian tematik oleh mahasiswa KSM Unisma. (Foto: NOJ/IZ)
Kajian tematik oleh mahasiswa KSM Unisma. (Foto: NOJ/IZ)

Malang, NU Online Jatim

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu poin yang tercantum pada Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dalam pelaksanaannya, Universitas Islam Malang (Unisma) menjadi salah satu kampus yang memiliki komitmen untuk berkontribusi pada peradaban dunia dengan berlatar belakang Nahdlatul Ulama (NU). Serta mengabdikan sarjananya kepada masyarakat di sekitar.

 

Program Kandidat Sarjana Mengabdi (KSM) Tematik diusung sebagai ajang bagi mahasiswa agar dapat berkontribusi bagi masyarakat melalui penyebaran Ilmu Pengetahuan dan wawasan Teknologi (Iptek). KSM Tematik sendiri kali ini menjadi salah satu program dalam mata kuliah yang harus ditempuh oleh mahasiswa Unisma semester akhir.

 

Mata kuliah tersebut diberikan kepada mahasiswa semester tujuh ke atas sebagai salah satu syarat bagi mahasiswa yang hendak melakukan pengabdian masyarakat. Program KSM Tematik ini pun dilaksanakan mahasiswa dengan pengabdian mengajar madrasah diniyah, Ahad (07/02/2021). Madrasah yang menjadi tempat pengabdian mahasiswa KSM ini adalah Madrasah Diniah Al-Munir di Pondok Pesantren Yatim Piatu Miftahul Munir, Desa Kalipare, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang. Rencananya, kegiatan ini akan berlangsung kurang lebih 1 bulan.

 

"Kita fokus kepada yayasan pendidikan sosial dengan pembelajaran tematik berbasis religi," kata Adib Qosim.

 

Pembelajaran madrasah diniah ini bertujuan untuk berbagi ilmu pengetahuan dan wawasan kepada santri yatim dhuafa yang berada di wilayah terdekat pada objek KSM Tematik Kalipare. Kategori terakhir adalah bidang pendidikan keagamaan. Hal yang ditekankan pada bidang ini adalah memberikan pembelajaran dan memberi wawasan pengetahuan kepada objek KSM. Pembelajaran berlangsung dengan menggunakan media ceramah, sehingga peserta menjadi lebih paham dengan ilustrasi yang disampaikan.

 

Fitri Ramdhani, santri yang hadir dalam pembelajaran kajian tematik ini sangat antusias dan akhirnya bisa memahami mengenai fadhilah shalawat Nuril Anwar.

 

"Di dalam shalawat Nuril Anwar ini terdapat kata sirril asrar yang apabila diamalkan setiap setelah shalat wajib akan mendapatkan rahasia-rahasia Allah yang tak terduga," terangnya.

 

Penulis: Ikbar Zakariya

Editor: Risma Savhira


Malang Raya Terbaru