• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Malang Raya

Nahdliyin di Malang Terima Bantuan Operasi Mata dari LAZISNU

Nahdliyin di Malang Terima Bantuan Operasi Mata dari LAZISNU
Ihwanudin usai menjalani operasi mata hasil bantuan dari LAZISNU. (Foto: NOJ/Hilyatul M)
Ihwanudin usai menjalani operasi mata hasil bantuan dari LAZISNU. (Foto: NOJ/Hilyatul M)

Malang, NU Online Jatim

Aksi kemanusiaan kembali ditunjukkan Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU). Kali ini dilakukan kepengurusan di Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

 

Sejumlah dana disalurkan kepada Ihwanuddin, kader NU yang harus dioperasi karena mengalami masalah pada penglihatannya.

 

"Mas Ihwanuddin ini kapan hari membantu bedah rumah dluafa, lalu matanya terkena serpihan pasir. Mungkin karena waktu itu salah penanganan sehingga bola matanya robek dan harus dioperasi," terang Siswanto, Rabu (17/03/2021).

 

Sekretaris LAZISNU Kecamatan Pujon tersebut menjelaskan bahwa penyaluran dana operasi dari LAZISNU diterima oleh Muntohir,  Ketua Pimpinan Ranting (PR) LAZISNU Dusun Gumul, Desa Sukomulyo, Kecamatan Pujon.

 

"Dana bantuan operasi ini telah kami terima untuk biaya operasi mata Ihwanuddin, alhamdulillah sekarang dia sudah selesai dioperasi," jelas Muntohir.

 

Menurut penjelasannya, Ihwanudin merupakan salah satu anggota Gerakan Pemuda (GP) Ansor tingkat pimpinan ranting, sekaligus koordinator pengumpulan koin LAZISNU.

 

"Alhamdulillah dengan barakah doa pimpinan LAZISNU Kecamatan Pujon sekaligus dana bantuan yang diberikan, kami telah melaksanakan operasi mata di poli umum untuk Ihwanuddin. Dia selain aktif di organisasi NU, juga seorang kader lansia di sini," ungkapnya.

 

Ihwanuddin sendiri sangat berterima kasih kepada pihak yang telah membantu dan berharap LAZISNU semakin eksis dan jaya.

 

Awal Kejadian

Terkait adanya kejadian tersebut, Siswanto berharap agar musibah ini menjadi pelajaran bersama.

 

"Kalau terjadi seperti itu, jangan coba-coba melakukan tindakan sendiri tanpa aturan medis seperti dikucek dengan tangan terlalu keras. Mestinya bersihkan saja dengan air dan atau dibawa ke dokter atau klinik," jelasnya.

 

Menurut keterangan dokter yang menangani, luka bola mata yang dialami Ihwanuddin tidak buta permanen, sehingga masih ada harapan pulih seperti sedia kala.

 

"Kondisi saat ini masih diperban, tapi sudah diperbolehkan rawat jalan. Saat ini sudah di rumah. Kita doakan semoga lekas pulih sehingga dia bisa beraktifitas kembali dan melakukan kemanfaatan seperti sedia kala," pungkas Siswanto.


Editor:

Malang Raya Terbaru