• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 25 Juni 2022

Malang Raya

Gus Hakim Ungkap Harapan Besar KH Hasyim Muzadi pada Santri

Gus Hakim Ungkap Harapan Besar KH Hasyim Muzadi pada Santri
Haul ke-4 KH Hasyim Muzadi yang digelar secara virtual di Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang. (Foto: NOJ/MMR)
Haul ke-4 KH Hasyim Muzadi yang digelar secara virtual di Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang. (Foto: NOJ/MMR)

Malang, NU Online Jatim
Putra pertama almarhum mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Hasyim Muzadi, Abdul Hakim Hidayat alias Gus Hakim, mengungkapkan harapan besar ayahandanya kepada para santri. Kata dia, Kiai Hasyim berharap seluruh santri agar mewakafkan dirinya di jalur pengabdian di mana pun berada. 

 

"Terutama untuk santri-santri abah di mana pun bahwa almarhum dulu selalu mengharapkan santri-santri itu masih bisa berkontribusi di mana pun dia berada, juga di posisi apa pun," kata Gus Hakim di acara Haul ke-4 KH Hasyim Muzadi yang digelar secara virtual di Pesantren Al-Hikam Depok, Jawa Barat, dan Al-Hikam Malang, Jawa Timur, Selasa sore (16/03/2021). 

 

Para santri, terutama santri Pesantren Mahasiswa Al-Hikam, diharapkan senantiasa menggali kebaikan dan perjuangan seperti yang dicontohkan Kiai Hasyim Muzadi semasa hidup. Dengan demikian, santri ke depan bisa lebih bermartabat dan bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.

 

"Abah adalah sosok ayah yang tangguh dan juga loman dalam segala hal, terutama untuk Jam’iyah NU. Beliau juga sosok abah yang selalu memperhatikan keluarga walaupun sering tidak di rumah lantaran fokus ngurip-ngurip NU," ujar Gus Hakim. 

 

Haul ke-4 KH Hasyim Muzadi digelar secara virtual karena pandemi COVID-19. Acara dilaksanakan di dua lokasi. Di Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Depok, haul dihadiri, di antaranya, istri almarhum KH Hasyim Muzadi, Nyai Hj Muthmainnah; putra KH Hasyim Muzadi, Gus Yusron Shidqi, dan tiga putri almarhum; KH Cholil Nafis; KH Abdul Hadi; dan KH Muhaimin Zen. 

 

Sementara di Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang, Haul dihadiri Gus Hakim dan santri senior Kiai Hasyim Muzadi, KH Mohammad Nafi'. Kendati digelar secara virtual, namun suasana khusyuk dan khidmat terasa. Masyarakat umum juga bergabung. 

 

“Kegiatan Haul Abah kali ini baru pertama kalinya diadakan secara virtual tanpa mengundang pihak luar di karenakan masih dalam kondisi pandemi covid-19 yang belum berakhir. Kami mengambil keputusan ini karena untuk menghindari kerumunan," kata Gus Hakim. 

 

Editor: Nur Faishal


Malang Raya Terbaru