• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 2 Juli 2022

Pendidikan

Cara Unik Direktur Pasca Unisma Menjaring Mahasiswa Baru

Cara Unik Direktur Pasca Unisma Menjaring Mahasiswa Baru
Prof M Ma'ud Said, Direktur Pascasarjana Unisma. (Foto: NOJ/humas)
Prof M Ma'ud Said, Direktur Pascasarjana Unisma. (Foto: NOJ/humas)

Malang, NU Online Jatim

Beberapa waktu lalu Pascasarjana Universitas Islam Malang (Unisma) kedatangan Rektor dan Pimpinan Unisma untuk melakukan update dan progress report pengembangan Pascasarjana. Seperti biasa, Prof M Mas'ud Said melaporkan peta situasi akademik, capaian, rencana pengembangan dan juga strategi menambah mahasiswa baru.

 

Prof Mas'ud yang diberbagai kalangan dikenal komunikatif ini memaparkan data capaian serta perkembangan kepada Rektor Unisma dan para Wakil Rektor (Warek). Di akhir acara, sebelum ditutup Rektor Unisma meminta Prof Mas'ud untuk memaparkan strategi apa yang dipakai sebagai implementasi, inovasi, dan komunikasi. 

 

Prof Mas'ud menjawab semua jalur komunikasi dibuka, sebagai narasumber radio, narasumber televisi nasional dan TV swasta serta content website dijalankan dis amping cara tradisional membuat leaflet dan datang ke daerah-daerah mencari mahasiswa.

 

Tapi mengapa di masa pandemi jumlah mahasiswa baru Pascasarjana Unisma bisa meningkat? Pakai jurus apa? Prof Mas'ud lantas memaparkan salah satunya ialah menggerakkan media sosial dan membuka aliran komunikasi. Prof Mas'ud juga punya tim khusus disamping menjadikan dirinya sebagai ambassador bagi semua Prodi. 

 

"Prof Mas'ud Said itu luar biasa. Caranya inovatif terus, tak pernah saya bayangkan Prof Mas'ud mau mendekati mahasiswa dan orang tuanya secara pribadi," kata Dr Sumartono, Kepala Program Studi (Prodi) Peternakan.


Senin (15/03/2021) kemarin, dengan didampingi Ketua Prodi Peternakan, Prof Mas'ud yang juga salah satu Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jatim ini sambang ke alumni Fakultas Pertanian 2021. Di tengah-tengah ceramah, Prof Mas'ud menawarkan bantuan kepada alumni.

 

"Siapa lulusan baru yang membutuhkan bantuan untuk menghubungi orang tuanya atau meyakinkan agar mau lanjut S2 akan saya lakukan," ujarnya.

 

Tak pelak beberapa mahasiswa menerima tawaran itu sebab ini akan ada penguatan dan inspirasi baru. Besoknya beberapa orang tua mengaku senang meendapat telpon langsung dari Direktur Pascasarjana dan beberapa mengaku menikmati komunikasi yang dianggap spesial ini.


Lagi-lagi, Sumartono mengapresiasi pola komunikasi yang dilakukan oleh Prof Mas'ud ini.

 

"Saya siap mendukung gerakan yang dilakukan Prof Mas'ud, diawali dari Fakultas Pertanian semoga bisa diterapkan di semua Prodi," imbuhnya.


Kutipan Komunikasi Prof Mas'ud dengan Orang Tua Mahasiswa

"Izin Bapak. Saya M Mas'ud Said, Direktur Pascasarjana Unisma Malang. Kami mengucapkan selamat putri bapak sudah lulus S1 Peternakan dengan baik. Kami mengundang putri bapak untuk bisa melanjutkan jenjang S2 di Fakultas Peternakan Unisma. Kami kemarin bertemu saat ada acara yudisium dan menawarkan lanjut ke jenjang magister dengan potongan SPP 25 persen. Pendaftaran bisa dilakukan yang bersangkutan dengan bantuan Kepala Prodi Fakultas Peternakan, Dr Sumartono.

Semoga Bapak sekelurga sehat dan banyak rezeki. Semua putri bapak menjadi generasi terbaik.

Salam hormat
M Mas'ud Said
Direktur Pascasarjana Unisma," ucapnya.

 

Beberapa lama kemudian orang tua calon mahasiswa menjawab.


"Waalaikumsalam. Terima kasih atas dukungannya, insyaallah lanjut ke S2. Semoga ilmu yang didapat selama ini bermanfaat dan berkah. Amin," jawabnya.

 

Rata-rata orang tua sangat respect dengan komunikasi yang dibangun oleh Prof Mas'ud. Jadi setelah pendekatan managerial sesekali Prof Mas'ud menggunakan senjata ampuhnya yaitu komunikasi personal.


Pendidikan Terbaru