• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 11 Agustus 2022

Malang Raya

Fatayat NU Kota Batu Ajak Santri Sadar Organisasi

Fatayat NU Kota Batu Ajak Santri Sadar Organisasi
Saat acara Baksos dan Ngopi Bareng PC Fatayat NU Kota Batu berlangsung. (Foto: NOJ/BA)
Saat acara Baksos dan Ngopi Bareng PC Fatayat NU Kota Batu berlangsung. (Foto: NOJ/BA)

Malang, NU Online Jatim

Tak pernah padam perjuangan dan dakwah Nahdatul Ulama (NU) di masyarakat luas. Tak terkecuali para ibu-ibu muda Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Kota Batu. Dengan semangat yang terbentuk, mereka tidak semata-mata berhenti berkiprah meskipun bumi masih dilanda pandemi dengan membuat acara yang bertajuk ‘Baksos dan Ngopi Bareng Fatayat NU’.


Acara ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Manba’ul Ulum, Sidomulyo, Kota Batu pada Jumat (12/03/2021). Susiyo Trisno Wati selaku Ketua PC Fatayat NU Kota Batu mengatakan bahwa tujuan dari acara ini adalah untuk merealisasikan program Fatayat NU untuk mensosialisasikan peran Fatayat NU kepada para santri.


“Program-program yang kami bentuk bertujuan untuk merangkul seluruh lapisan masyarakat. Salah satu tujuannya yaitu memberikan sosialisasi kepada para santri khususnya putri untuk sadar berorganisasi,” katanya.


Disampaikan juga bahwa salah satu tujuan umat Islam khususnya para nahdliyin adalah bersilaturahmi dan saling mengingatkan. Susiyo menyadari bahwa setelah santri keluar dari pondok biasanya langsung terjun ke masyarakat. Oleh karena itu, Fatayat NU ingin memberikan gambaran kepada mereka bagaimana kehidupan setelah keluar dari pesantren dengan acara ‘Ngopi Bareng’.


“Perlu untuk memberikan wawasan kepada para santri untuk bergaul dengan masyarakat. Di Fatayat NU yang mayoritas adalah para ibu merasa berkewajiban untuk memberi arahan pada mereka. Meskipun acaranya semi formal, kami harap mereka dapat mengetahui apa yang disampaikan,” imbuhnya.


Ia memaparkan bahwa pentingnya kaderisasi dengan melaksanakan penyuluhan secara langsung agar masyarakat lebih dekat secara emosional.


“Kami berupaya untuk mengadakan acara-acara seperti ini untuk tidak membatasi diri dengan mereka. Kami juga sangat terbuka dalam segala hal terkait organisasi. Makanya, di acara Ngopi Bareng ini selain untuk silaturahmi juga kami membuka diri untuk semua pertanyaan,” pungkasnya.


Acara ini dihadiri oleh seluruh santri beserta pengurus. Tak luput juga KH Hasyim Sirodjudin selaku pengasuh Pondok Pesantren Manba’ul Ulum turut hadir dan memberikan arahan.

 

Editor: Risma Savhira


Malang Raya Terbaru