• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Malang Raya

Mau Konferancab, Ansor Singosari Malang Screening Bakal Calon Ketua

Mau Konferancab, Ansor Singosari Malang Screening Bakal Calon Ketua
Proses screening bakal calon ketua PAC GP Ansor Singosari Malang. (Foto: NOJ/MMR)
Proses screening bakal calon ketua PAC GP Ansor Singosari Malang. (Foto: NOJ/MMR)

Malang, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, akan menggelar Konferensi Anak Cabang (Konferancab) akhir pekan ini. Salah satu agendanya ialah memilih ketua. Sebelum itu dilaksanakan, panitia melakukan screening bakal calon yang akan dipilih di arena konferancab nanti.

 

Screening bakal calon ketua sudah dilaksanakan di SMK Plus Al-Ma’arif Singosari, Kabupaten Malang, Kamis (11/03/2021). Screening dilakukan sebagai bagian dari syarat administrasi kandidat bisa maju sebagaimana diatur di dalam Pasal 26 pada Peraturan Dasar (PD)/Peraturan Rumah Tangga (PRT) GP Ansor.

 

Ada enam syarat kader Ansor bisa maju untuk dipilih sebagai ketua di semua tingkat kepengurusan. Pertama, kandidat pernah menjadi pengurus PAC GP Ansor atau tingkat ranting sekurang-kurangnya dua tahun atau satu masa khidmat. Hal itu dibuktikan dengan SK kepengurusan yang sudah dilegalisir.

 

Kedua, kandidat berusia tidak lebih dari 40 tahun saat dipilih, dibuktikan dengan kartu identitas penduduk (KTP) atau lainnya. Ketiga, kandidat berakhlakul karimah, berprestasi, berdedikasi tinggi dan loyal kepada organisasi. Keempat, kandidat mampu dan aktif menjalankan organisasi.

 

Kelima, kandidat telah lulus dalam jenjang pendidikan kaderisasi di GP Ansor (dibuktikan dengan sertifikat pengkaderan tingkat Dasar PKD/Diklatsar/DTD, dan/atau kaderisasi tingkat lanjutan, dan/atau Surat Keterangan Lulus dari pengurus yang berwenang.

 

Dan keenam, kandidat diusulkan sekurang-kurangnya oleh empat Pimpinan Ranting, dibuktikan dengan surat usulan yang ditanda tangani oleh ketua/sekretaris disertai dengan stempel yang berlaku.

 

“Proses ini adalah salah satu proses demokrasi organisasi yang seharusnya dijalankan oleh setiap pimpinan yang ada. Kita membuka selebar-lebarnya kepada 18 ranting yang ada di Singosari untuk memunculkan kader-kader terbaiknya untuk dicalonkan sebagai ketua. Karena sejatinya ketua itu dipilih oleh anggota,” kata Steering Committee (SC) Konferancab PAC GP Ansor Singosari, M Avin Nadhir, kepada NU Online Jatim, Jumat (12/03/2021).

 

“Dari beberapa calon ini nantinya akan menjalani rangkaian tes, mulai dari kelengkapan administrasi, tes tulis, dan juga tes wawancara. Alhamdulillah, setelah melalui proses panjang tadi, muncullah empat kandidat calon ketua, yakni Mochamad Nanif Nasyeh, Ahmad Hamzah, Muhammad Basyir, dan Winanto,” imbuh Avin.

 

Editor: Nur Faishal


Malang Raya Terbaru