• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Malang Raya

Wali Kota Batu Apresiasi Kiprah Pesantren Kendalikan Covid-19

Wali Kota Batu Apresiasi Kiprah Pesantren Kendalikan Covid-19
Wali Kota Batu, Hj Dewanti Rumpoko saat menjadi pembina apel Hari Santri 2021. (NOJ/ Zaiyana NA)
Wali Kota Batu, Hj Dewanti Rumpoko saat menjadi pembina apel Hari Santri 2021. (NOJ/ Zaiyana NA)

Batu, NU Online Jatim
Wali Kota Batu, Hj Dewanti Rumpoko hadir sebagai pembina apel dalam peringatan Hari Santri 2021 pada Jumat (22/10). Kegiatan dilaksanakan di jalan Gajah Mada, Kelurahan Sisir, Kecamatan Kota Batu.
Dewanti Rumpoko menyampaikan apresiasinya kepada sejumlah pesantren yang berhasil melakukan pengendalian serta penanganan Covid-19.

 

"Kita patut mengapresiasi pengalaman beberapa pesantren yang berhasil melakukan upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan atas dampak pandemi Covid-19," katanya.

 

Menurutnya, dengan fakta ini terbukti bahwa pesantren juga memiliki kemampuan untuk menghadapi Covid-19 di tengah berbagai keterbatasan fasilitas.

 

"Tradisi kedisiplinan dan kehati-hatian yang selama ini diajarkan oleh para pemimpin pesantren, kiai dan ibu nyai kepada santri-santrinya menjadi modal utama keberhasilan tersebut," kata dia.

 

Yang menarik, semua keberhasilan itu dapat diraih karena keteladanan dari para pimpinan pondok pesantren. Karena mereka turut menyukseskan vaksinasi yang diprogramkan pemerintah.

 

"Keteladanan yang dilakukan mereka berkontribusi untuk mendorong santri bersedia ikut vaksinasi yang saat ini sedang diprogramkan oleh pemerintah," terangnya.

 

Sebagai penutup, Wali Kota Batu mengingatkan pentingnya santri dan masyarakat secara umum untuk menerapkan 5M dan 1 D. Yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, dan doa.

 

"Santri sehat jiwa raga, berarti tetap menyiagakan jiwa raganya demi kepentingan Bangsa Indonesia terutama dalam rangka bersama-sama bangkit dari pandemi Covid-19. Tetap terapkan protokol kesehatan, 5M dan 1D," pesannya.

 

Penulis: Zaiyana Nur Ashfiya 


Editor:

Malang Raya Terbaru