• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 September 2022

Matraman

Fokus Pengembangan SDM, LP Ma’arif NU Magetan Gelar Konsolidasi Pendidikan

Fokus Pengembangan SDM, LP Ma’arif NU Magetan Gelar Konsolidasi Pendidikan
Konsolidasi LP Ma’arif NU Magetan. (Foto: NOJ/Sy)
Konsolidasi LP Ma’arif NU Magetan. (Foto: NOJ/Sy)

Magetan, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif Nahdlatul Ulama (NU) Magetan mengadakan konsolidasi LP berbasis NU se-Kabupaten Magetan. Kegiatan ini menghadirkan pengurus Pimpinan Wilayah (PW) LP Ma’arif NU Jawa Timur pada Kamis (08/04/2021) di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magetan.

 

Menurut Ida Yuhana Ulfa, Ketua PC LP Ma’arif NU Magetan, kegiatan konsolidasi pendidikan NU ini dilakukan sebagai langkah awal program LP Ma’arif NU. 

 

“LP Ma’arif NU Magetan hampir dua periode ini vakum. Konsolidasi ini adalah langkah awal kamu untuk menjalankan berbagai program LP Ma’arif,” katanya.

 

Ida mengungkapkan, hasil kegiatan konsolidasi ini akan ditindaklanjuti dengan berbagai kegiatan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). 

 

“Di tahun 2021 ini, prioritas utama program kegiatan LP Ma’arif NU Magetan adalah dukungan penataan SDM yang meliputi keaswajaan dan sistem manajemen organisasi di sekolah atau madrasah NU,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Magetan, KH Mansur dalam sambutannya menyampaikan pentingnya penguatan akidah Ahlussunnah wal Jamaah di sekolah dan madrasah NU. 

 

“Terorisme, radikalisme berakar dari pemdidikan. Oleh sebab itu, pekerjaan rumah LP Ma’arif NU saat ini adalah menguatkan akidah Ahlussunah wal Jamaah an Nahdliyah, dengan memaksimalkan pelajaran tersebut,” terangnya.

 

Pemateri utama kegiatan konsolidasi yaity, Sunan Fanani , Sekretaris PW LP Ma’arif NU Jawa Timur. Ia menyampaikan pentingnya sekolah dan madrasah NU di Kabupaten Magetan untuk membangun jejaring dan sinergis. 

 

“Jika ingin menjadi lembaga yang maju dan berkembang, harus mau membuka diri seluas-luasnya dengan pihak luar,” ujarnya.

 

Menurut Dosen Universitas Airlangga tersebut, tugas utama LP Ma’arif NU adalah memfasilitasi sekolah dan madrasah NU dalam membuka akses dan kerja sama dengan berbagai lembaga. 

 

“Melalui sinergi dan pembukaan akses yang seluas-luasnya, LP Ma’arif NU bertugas memfasilitasi sekolah dan madrasah NU di Magetan agar memiliki kualitas yang mampu bersaing dengan lembaga pendidikan lain. Sehingga LP Ma’arid NU di Magetan benar-benar menjadi jujukan orang tua dan siswa dalam menentukan pilihan sekolah nya,” tambahnya.

 

Kegiatan Konsolidasai ini bertema ‘Sinergi Pendidikan NU Kabupaten Magetan Berkarakter Ahlussunah wal Jamaah an-Nahdilyah, yang juga dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Magetan, diikuti oleh 52 Kepala Sekolah/ Madrasah di Magetan, setingkat MI/SD, MTs/SMP dan SMA/MA/SMK. 
 

Editor: Risma Savhira


Matraman Terbaru