• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Januari 2023

Matraman

Selama Sepekan, Fatayat NU Tulungagung Gelar Munajat Virtual

Selama Sepekan, Fatayat NU Tulungagung Gelar Munajat Virtual
Kegiatan 'Munajat Bersama Bu Nyai Fatayat' oleh PC Fatayat NU Tulungagung. (Foto: NOJ//Puspita Hanum).
Kegiatan 'Munajat Bersama Bu Nyai Fatayat' oleh PC Fatayat NU Tulungagung. (Foto: NOJ//Puspita Hanum).

Tulungagung, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Kabupaten Tulungagung memberikan instruksi kepada seluruh kader di semua tingkatan untuk doa bersama. Instruksi tersebut dibentuk dengan kegiatan bertajuk ‘Munajat Bersama Bu Nyai Fatayat’.

 

"Kegiatan ini merupakan bagian dari ikhtiar batin yang dilakukan oleh PC Fatayat NU Kabupaten Tulungagung dalam menanggulangi pandemi Covid-19," kata Ketua PC Fatayat NU Tulungagung, Siti Kusnul Khotimah, Jumat (06/08/2021).

 

Dirinya menjelaskan, bahwa kegiatan ini akan berlangsung selama tujuh hari berturut-turut secara virtual, yang bisa diikuti masyarakat umum di rumah masing-masing. Kegiatan munajat tersebut juga disiarkan secara langsung melalui akun Youtube PC Fatayat NU Kabupaten Tulungagung.

 

Menurutnya, ada tujuh amalan yang dibacakan dalam munajat tersebut. Bacaan tersebut dibaca secara bersama dan diakhiri dengan doa khusus dari para ibu nyai.

 

"Dimulai dengan membaca Surat Yasin, dilanjutkan dengan bacaan tahlil dan istighotsah serta lantunan sholawat burdah, nariyah dan tibbil qulub," imbuh perempuan yang juga Kepala Sekolah Dasar Negeri ini.

 

Kendati sejumlah ikhtiar batin telah dilakukan, Kusnul meminta kepada seluruh kader agar tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Hal ini sebagai bagian dari ikhtiar lahir untuk membantu pemerintah dalam mengurangi jumlah kasus Covid-19.

 

“Meskipun ikhtiar batin dilakukan, bukan berarti kita mengabaikan ikhtiar lahir, seperti patuh prokes dan lain sebagainya,” imbuh Kusnul.

 

Kusnul juga mengingatkan, untuk terus saling membantu sesama di masa pandemi ini. Baik bantuan kepada sesama kader Fatayat NU maupun kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Kusnul menambahkan, sejumlah upaya akan terus dilakukan oleh Fatayat NU Tulungagung.

 

 

"PC Fatayat NU Kabupaten Tulungagung akan terus melakukan segala ikhtiar secara bersama. Kita tidak boleh lelah dan lengah menghadapi pandemi ini," pungkasnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Matraman Terbaru