• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 25 Mei 2022

Metropolis

Ansor di Gresik Perkuat Aswaja lewat Sedekah Bumi

Ansor di Gresik Perkuat Aswaja lewat Sedekah Bumi
Sedekah bumi digelar Pimpinan Ranting (PR) Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor Petiyintunggal, Dukun, Gresik. (Foto: NOJ/M Syafik H)
Sedekah bumi digelar Pimpinan Ranting (PR) Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor Petiyintunggal, Dukun, Gresik. (Foto: NOJ/M Syafik H)

Gresik, NU Online Jatim

Banyak cara yang dilakukan dalam rangka memperkuat Ahlussunnah wal Jama’ah atau Aswaja Annahdliyah. Seperti yang inisiatif Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Petiyintunggal, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik. Lewat Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor menggelar sedekah bumi.

 

Kegiatan dipusatkan di pelataran makam Dusun Jajar, Desa Petiyintunggal, Senin (30/9/2020) malam.

 

“Kegiatan ini adalah bagian dari trisula penguat dan pendukung serta mengawal organisasi Ansor,” kata Sekretaris PAC GP Ansor Dukun, Moh Syahidin.

 

Lebih lanjut dikemukakan bahwa trisula itu yakni Ansor mempunyai peran sebagai konseptor, memprogram dan menjalankan garis organisasi.

 

“Banser sebagai mobilisator dan dinamisator penggerak di samping mengawal Ansor. Serta peran MDS adalah bagian doktrin Aswaja demi memperkuat akidah dan ubudiyah dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

 

Moh Syahidin mengatakan, sedekah bumi yang diselenggarakan ini bertujuan sebagai bentuk syukur warga desa akan kenikmatan, kesehatan, panen warga, serta dijauhkan dari bala dan bencana.

 

“Kegiatan juga sebagai rutinan tiap bulan PAC Ansor Dukun yang kali ini giliran desa kami sebagai tuan rumah,” jelas Tarban, sapaan akrabnya.

 

Dijelaskannya bahwa kegiatan diikuti seluruh Pimpinan Ranting se-Kecaman Dukun baik dari Ansor, Banser dan Rijalul ansor.

 

Apa yang dilakukan ini mendapat apresiasi dari Abd Rohim selaku ketua terpilih Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Gresik masa khidmah 2020 hingga 2024.

 

“Kami mengajak semua untuk kembali ke rumah besar yakni Ansor dan Banser dalam rangka memperkuat dan memperkokoh jalinan silaturahim,” katanya.

 

Abd Rohim berharap para pengurtus dan anggota untuk selalu semangat dalam garis perjuangan dan pengabdian di Ansor maupun Banser sehingga ke depan semakin kuat dan maju.

 

Dijelaskannya bahwa program ke depan di kepengurusan yang baru adalah silaturahim ke PAC se-Kabupaten Gresik. Hal tersebut demi memastikan menemukan solusi atas kendala atau masalah yang dihadapi kepengurusan di bawah.

 

“Jangan sampai ada kepengurusan Ansor tidak kenal ketua, sekretaris dan bendahara di semua tingkatan,” kata Kasdol, sapaan akrabnya.

 

Kegiatan diawali dengan istighotsah, tahlil, doa dan tausiah yang dipimpin Wakil MDS RA PAC Dukun Ahmad Musfis Salam. Kegiatan juga dihadiri Kepala Desa Petiyintunggal, Asroful Anam beserta perangkat yang ada.

 

Editor: Syaifullah


Editor:

Metropolis Terbaru