• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 3 Desember 2022

Metropolis

Begini Cara Alumni Pesantren Tebuireng di Gresik Rayakan Hari Raya Ketupat

Begini Cara Alumni Pesantren Tebuireng di Gresik Rayakan Hari Raya Ketupat
Doa bersama Ikapete Gresik Utara. (Foto: NOJ/Syafik Hoo)
Doa bersama Ikapete Gresik Utara. (Foto: NOJ/Syafik Hoo)

Gresik, NU Online Jatim
Hari ini, Ahad (31/5) bertepatan dengan 7 Syawal. Kesempatan tersebut dimanfaatkan sebagian umat Islam untuk merayakan hari raya ketupat. Hal tersebut juga dilakukan Ikatan Keluarga Alumni Pesantren Tebuireng atau Ikapete Gresik Utara dengan menggelar ritual dan doa bersama. Kegiatan dipusatkan di Gunung Kukusan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik.


“Kegiatan ini bertujuan untuk menyelamatkatkan bangsa dan pandemi Covid-19 agar cepat sirna dan kembali pada kehidupan normal lagi,” kata Ustadz Ikhwan selaku koordinator kegiatan.

 

Acara juga dibarengkan dengan hari raya kupatan dengan menginspirasi Syawal sebagai bulan peningkatan ibadah setelah ditempa satu bulan berpuasa dan beribadah di bulan suci Ramadhan.

 

Ustdadz Ikhwan mengatakan, kegiatan dijadikan sebagai tahadduts bin nikmah atau bersyukur untuk sarana kebaikan dan positif. 

 

“Bulan Syawal ini kita jadikan sebagai bulan peningkatan ibadah, bulan peningkatan semangat perjuangan, dan mengabdi,” ujarnya. Hal ini juga sebagai sarana untuk berkumpul dan konsolidasi Ikapete Gresik Utara sebagai program rutinan, lanjutnya. 

 

"Agenda Ikapete Utara di bulan Syawal ini adalah halal bi halal dengan menghadirkan KH Agus M Zaki Hadzik atau Gus Zaki dari Pesantren Tebuireng Jombang,” katanya.

 

Kehadiran Gus Zaki sekaligus untuk ijazah kubra istighotsah KH M Hasyim Asy'ari yang akan dilaksanakan di Masjid Modhar Arifin Polowijo Sidayu Gresik.

 

Kontributor: Syafik Hoo
Editor: Syaifullah
 


Editor:

Metropolis Terbaru