• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 28 Juni 2022

Metropolis

Begini Cara Rijalul Ansor di Sidoarjo Ngalap Berkah Bulan Sya’ban

Begini Cara Rijalul Ansor di Sidoarjo Ngalap Berkah Bulan Sya’ban
Kegiatan rutinan MDS Rijalul Ansor, Sukodono, Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Ari Wahidi)
Kegiatan rutinan MDS Rijalul Ansor, Sukodono, Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Ari Wahidi)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor Kecamatan Sukodono, Sidoarjo mengadakan Khatmil Qur’an dan Rattibul Haddad, Ahad (27/03/2022). Kegiatan yang dipusatkan di Kantor PT Haisa Tata Karya Desa Jogosatru ini dilaksanakan guna ngalap berkah atau memohon keberkahan di bulan Sya’ban.


Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Sukodono, H Fathul Ibad mengapresiasi kegiatan rutinan MDS Rijalul Ansor Sukodono yang rutin dilaksanakan setiap bulan tersebut. Ia berharap, nantinya ada kolaborasi antara generasi muda dan sepuh dalam menyemarakkan kegiatan ke-NU-an.


“Kami berharap nanti ada kolaborasi generasi muda dengan sesepuh Nahdlatul Ulama (NU) di ranting masing-masing agar bisa saling berkomunikasi dan koordinasi. Sehingga semua kegiatan NU bisa berjalan dengan baik, saling sinergi dan selalu tampak guyub,” tuturnya.


Sementara itu, Ketua PAC Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sukodono, Ahmad Fahrur Rozi mengatakan, bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan sekaligus untuk ngalap berkah bulan Sya’ban.


Dirinya juga mengajak seluruh kader Ansor dan Banser Sukodono agar bersiap dan berbenah diri menyambut bulan suci Ramadhan yang sebentar lagi tiba. “Kita semua harus bersiap-siap dan berbenah, baik secara fisik maupun mental, sehingga bisa menjalankan ibadah di bulan Ramadhan dengan baik dan lancar,” katanya.


Di sisi lain, Kepala Satuan Koordinasi Rayon (Kasatkoryon) Banser Kecamatan Sukodono Muntholib mengungkapkan kesiapan jajarannya untuk mendirikan Posko Ramadhan. Menurutnya, pendirian posko tersebut merupakan agenda rutin tahunan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.


“Kita curahkan tenaga dan pikiran untuk siap siaga menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, agar warga masyarakat merasa aman dan nyaman dalam menjalankan ibadah di bulan puasa nanti,” ujarnya.


Ia menyebutkan, pembukaan Posko Ramadhan 1443 Hijriyah tersebut rencananya akan diawali dengan apel siaga. “Insyaallah, akan dilaksanakan pada hari Sabtu (30/03/2022) malam di halaman Kantor MWCNU Sukodono,” ungkap Muntholib.


Diketahui, rangkaian acara diawali pelaksanaan Khatmil Qur’an bin Nadhor dari pagi hingga menjelang sore. Dilanjutkan dengan pembacaan Shalawat Nabi, Dzikir Rattibul Haddad dan Kajian Kitab Al Muqtatofat li Ahli Bidayah.


Penulis: Ari Wahidi


Metropolis Terbaru