• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Metropolis

Cerita Abdad Fatih, Bocah Sidoarjo Langganan Juara MTQ

Cerita Abdad Fatih, Bocah Sidoarjo Langganan Juara MTQ
Abdad Fatih Fawwaz, bocah Sidoarjo yang langganan juara MTQ. (Foto: NOJ/LYR)
Abdad Fatih Fawwaz, bocah Sidoarjo yang langganan juara MTQ. (Foto: NOJ/LYR)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Abdad Fatih Fawwaz, bocah berusia 10 tahun kelahiran Kabupaten Sidoarjo 29 Oktober 2010 berhasil menyabet juara 1 qari terbaik MTQ kategori anak-anak putra dalam Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XIV Lanjutan Kapolda Jatim Cup-Pimpinan Wilayah Jam’iyyatul Qurro wal Huffadz Nahdlatul Ulama (JQHNU) Jawa Timur di Pondok Pesantren Asy-Syadzili, Pakis, Kabupaten Malang, beberapa hari lalu.

 

Abdad berhasil mengalahkan puluhan peserta dari seluruh kabupaten se- Jawa Timur dalam ajang MTQ tersebut . Siswa kelas empat SDN Gelam 2 Candi, Kabupaten Sidoarjo, itu putra pasangan Ibnu Hajar Ansori dan Aqidatur Rofiqoh yang tinggal di Desa Wedoroklurak, kecamatan Candi, memang sering mencatatkan prestasi yang membanggakan.

 

Saat masih berusia 5 tahun, Abdad berhasil meraih juara 2 MTQ JQHNU Kabupaten Sidoarjo tahun 2015. Kemudian di tahun 2017, ia sukses menyabet juara 1 MTQ Pentas PAI Diknas Kabupaten Sidoarjo. Selanjutnya pada tahun 2018, Abdad pernah menggondol juara 2 MTQ LPTQ Kabupaten Sidoarjo.

 

“Abdad juga pernah mendapatkan juara harapan 2 cabang Tartil LPTQ Provinsi Jatim tahun 2019. Lalu pada tahun 2020 ia juga berhasil meraih juara 1 MTQ LPTQ Kabupaten Sidoarjo dan juara 1 MTQ DMTQ Provinsi Jatim,” kata ibu dari Abdad, Aqidatur Rofiqoh, kepada NU Online Jatim, Rabu (14/04/2021).

 

Evi mengungkapkan, masih banyak prestasi lainnya yang berhasil diraih oleh anak sulungnya itu, di antaranya lomba adzan dan tartil Al-Qur’an.  Dijelaskannya, sebelum mengikuti MTQ, Abdad melakukan beberapa persiapan khusus.

 

“Karena maqra yang akan dibaca oleh panitia diberikan H-1 dari waktu tampil. Kalau latihan setiap hari sudah terbiasa baca, jadi saat mau ikut MTQ Insyallah jauh lebih siap,” kata Evi.

 

Menurut pengurus PC Fatayat NU Sidoarjo itu, kelebihan yang dimiliki putranya menurun dari ayahnya yang juga seorang qari dan sering meraih juara MTQ sewaktu mudanya. Di antaranya juara 1 MTQ Kabupaten Jombang.

 

“Suami saya sekarang mengajar sebagai dosen di IAIN Kediri, selain itu juga masih aktif menjadi pengurus PAC JQH Candi. Semoga cita-cita Abdad menjadi qari internasional terkabulkan, tingkatkan terus belajar Al-Qur’an,” harap Evi.

 

Sementara itu, Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sidoarjo KH Zaenal Abidin turut bangga atas prestasi yang diraih oleh Abdad. Menurutnya, juara yang disandang Abdad juga membawa nama harum PCNU Sidoarjo.

 

Editor: Nur Faishal


Metropolis Terbaru