• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 29 November 2022

Metropolis

Jelang Ramadlan, Ansor Ajak Banom NU untuk Kerja Bakti

Jelang Ramadlan, Ansor Ajak Banom NU untuk Kerja Bakti
Proses bersih-bersih makam. (Foto: NOJ/Haikal)
Proses bersih-bersih makam. (Foto: NOJ/Haikal)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Banyak kegiatan bermanfaat yang bisa dijalankan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadlan, seperti yang dilakukan oleh Pengurus Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Candi, Sidoarjo dengan mengajak serta Badan Otonom (Banom) NU lainnya dan masyarakat umum, mereka menggelar kerja bakti bersih bersih makam dan mushala. 

 

Mereka menerjunkan belasan anggota Banser, dan mengajak juga Banom NU lainnya serta masyarakat umum untuk membersihkan makam umum dan mengecat mushala. Kali ini sasarannya adalah Makam Islam dan Mushala Waqaf Baitussalam, yang ada di Desa Tenggulunan, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo. 

 

Menurut Mochammad Saichun, kegiatan ini bertujuan sebagai bakti amal kader NU serta bertjuan memberi semangat Ibadah kepada masyarakat dalam rangka menyambut bulan suci Ramadlan. 

 

"Kegiatan ini membuktikan bahwa kami akan selalu menebarkan kemanfaatan bagi masyarakat, dan jika musholla nya di cat, itu akan memberi semangat dan motivasi kepada jamaah dan masyarakat untuk menjalankan aktivitas ibadah di bulan Ramadlan," kata koordinator acara yang juga menjabat sebagai pengurus Gerakan Pemuda (GP) Ansor Candi tersebut, Ahad (11/04/2021).

 

Tidak hanya mushala, kegiatan kerja bakti tersebut juga menyasar area makam islam yang berjarak tak terlalu jauh dengan mushala. Sedikitnya ada beberapa pohon yang ditebang, dan juga pagar yang di cat dan dibersihkan oleh para relawan kegiatan dibantu dengan masyarakat. 

 

Mochammad Saichun juga menjelaskan bahwa hal ini bertujuan agar makam tersebut terlihat bersih dan rapi, serta sebagai persiapan menyambut kegiatan nyekar yang sudah men tradisi secara turun temurun di kalangan nahdliyin Desa Tenggulunan. 

 

"Makam juga perlu kita bersihkan dan rapikan, agar peziarah yang melakukan tradisi nyekar saat sebelum ramadlan maupun menjelang hari Raya nanti tidak risih dan merasa senang dan lapang ketika nyekar dan ziarah nantinya,” jelasnya. 

 

Sedikitnya, terdapat puluhan relawan yang terdiri dari Ansor Banser, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Lembaga Amil, Zakat, Infaq, dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU), Fatayat NU, dan masyarakat umum mengikuti kerja bakti tersebut. 

 

 

Penulis: M Haikal

Editor: Risma Savhira


Metropolis Terbaru