• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 30 November 2022

Tapal Kuda

Sambut Ramadlan, Nahdliyyin di Probolinggo Bersihkan Tempat Ibadah dan Makam

Sambut Ramadlan, Nahdliyyin di Probolinggo Bersihkan Tempat Ibadah dan Makam
Proses pembersihan masjid. (Foto: NOJ/Khairul Anam)
Proses pembersihan masjid. (Foto: NOJ/Khairul Anam)

Probolinggo, NU Online Jatim

Nahdliyin di Kabupaten Probolinggo ramai-ramai membersihkan masjid dan kuburan di lingkungannya pada Ahad (11/04/2021). Kegiatan sosial itu untuk menyambut datangnya bulan Ramadlan 1442 Hijriah.

 

"Hari ini, kami melaksanakan bersih-bersih masjid (BBM). Baik di bagian luar maupun dalam masjid, utamanya toilet," kata Abdul Bari, Ketua Lembaga Ta'mir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) Kraksaan.

 

Tidak hanya bersih-bersih, warga juga memperbarui cat dinding, menambal tembok yang retak, atau juga termasuk mengganti properti yang sudah rapuh. Hal tersebut dilakukan secara gotong royong dan suka rela, sebagai upaya menghormati datangnya bulan suci Ramadlan.

 

"Kami ingin membuat nyaman para jamaah saat menunaikan ibadah tarawih. Dengan harapan jamaah yang akan salat tarawih di bulan Ramadlan menjadi lebih betah, karena semaraknya makmum juga tergantung kebersihan masjidnya," ungkapnya saat ditemui di Masjid Besar Raudlatul Jannah Besuk.

 

Kegiatan itu, dilaksanakan secara serentak di 14 Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU). Dengan melibatkan Badan Otonom (Banom) NU, seperti Ansor, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), Muslimat NU, Fatayat NU dan lainnya.

 

"Juga melibatkan masyarakat. Kegiatan rutin ini tidak hanya masjid, melainkan juga dilaksanakan di mushala," ujarnya.

 

Selain itu, bersih-bersih juga dilakukan di pemakaman umum. Membersihkannya dari semak belukar yang tumbuh di area makam. Serta merapikan kuburan yang tidak terurus oleh keluarga.

 

"Kader Ansor mendukung penuh kegiatan yang dilaksanakan oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU). Ribuan kader Ansor Banser kami kerahkan, baik tingkat anak cabang maupun ranting. Ini merupakan tindak lanjut dari perintah mustasyar PCNU," terang Sekretaris PC GP Ansor Kraksaan, Musairi Hasan.

 

Penulis: Khairul Umam

Editor: Risma Savhira


Tapal Kuda Terbaru