• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 26 November 2022

Metropolis

Ansor di Sidoarjo Ini Bertekad Lahirkan Gebrakan Baru

Ansor di Sidoarjo Ini Bertekad Lahirkan Gebrakan Baru
Suasana Rapat Anggota PR Kedungpeluk, Candi, Sidoarjo. (Foto: NOJ/M Haikal)
Suasana Rapat Anggota PR Kedungpeluk, Candi, Sidoarjo. (Foto: NOJ/M Haikal)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Salah satu kepengurusan Gerakan Pemuda (GP) Ansor yang cukup dinamis di kawasan Sidoarjo adalah Pimpinan Ranting (PR)  Kedungpeluk, Kecamatan Candi. Sejumlah terobosan dilakukan demi khidmat kepada umat.

 

Dan pada Ahad (11/04/2021), PR GP Ansor Kedungpeluk menyelenggarakan rapat anggota dan memiliki nakhoda baru. Hal itu menyusul setelah dilakukannya sidang pleno pemilihan Ketua PR GP Ansor Kedungpeluk dengan menetapkan Masduki Zakaria sebagai ketua menggantikan Didik Arafik.

 

Rapat anggota ini juga dihadiri oleh seluruh kader GP  Ansor, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ansor Candi, dan juga tokoh masyarakat setempat. 

 

Ketua PAC  Ansor Candi, HAnas Fakhruddin mengungkapkan bahwa dirinya sangat mengapresiasi pencapaian dan prestasi dari GP Ansor Ranting Kedungpeluk. 

 

"Dengan dinamika dan segala capaian Ansor Kedungpeluk, kami cukup senang dan bangga atas tercapainya program dan gebrakan baru yang cukup berani, termasuk Ansor peduli dluafa," katanya. 

 

Cak Kaji, panggilan akrabnya berpesan kepada pengurus baru dan segenap kader agar tetap semangat dan menelurkan gebrakan program baru yang inovatif. 

 

"Saya ucapkan selamat kepada pengurus baru semoga amanah. Dan juga Ansor jangan hanya identik dengan kegiatan keagamaan, tapi harus berinovasi dalam membentuk program demi kemaslahatan bersama," terangnya. 

 

Senada dengan itu, salah satu tokoh masyarakat, H Ridwan juga berpesan kepada seluruh kader yang hadir. Yang diingatkan adalah identitas yang harus melekat dari para kader dan pengurus.  

 

"Ansor itu menurut saya identitasnya terdapat tiga unsur,” katanya.

 

Yang pertama adalah teologi, dimana harus menancapkan prinsip untuk bermanfaat dan menolong orang lain. Hal itu seperti kalimat yang tercantum dalam Al-Qur'an yaitu ansharullah.

 

“Yang kedua yakni ideologi yang mana kita harus berprinsip dan berperilaku berlandaskan Ahlussunnah wal Jamaah, dan mengedepankan sifat tasamuh, taadul, tawazun, tawassuth, dan lainnya,” jelasnya .

 

Sedangkan yang ketiga yakni sosiologi, dimana juga harus bersosial dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

 

Sementara Ketua PR  GP Ansor Kedungpeluk, Masduki Zakaria menyampaikan ucapan terima kasih atas amanah yang akan diemban dalam satu periode ke depan.

 

"Terima kasih atas amanah dan dukungannya, serta mohon kerja sama dari segenap anggota agar kita bersama memajukan Ansor Kedungpeluk," pintanya.

 

Dirinya juga menyampaikan agar pengurus membuat kegiatan yang bisa dijalankan oleh segenap anggota. 

 

"Hari ini akan langsung kami bentuk segenap tim formatur untuk membentuk kepengurusan. Dan besok kami mengajak sahabat Ansor untuk melakukan kegiatan yakni melakukan aksi bersih bersih makam dan lingkungan sekitar," ungkapnya. 

 

Penulis: M Haikal 


Editor:

Metropolis Terbaru