• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Juni 2022

Metropolis

Dosen Unusida Bantu Pemulihan Ekonomi UKM di Pasuruan

Dosen Unusida Bantu Pemulihan Ekonomi UKM di Pasuruan
Dosen Unusida saat mendampingi pelaku UKM di Pasuruan. (Foto: NOJ/ Maschan Yusuf).
Dosen Unusida saat mendampingi pelaku UKM di Pasuruan. (Foto: NOJ/ Maschan Yusuf).

Sidoarjo, NU Online Jatim

Dosen Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) membentuk tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas). Hal ini merupakan upaya untuk membantu pemulihan ekonomi di masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.  

 

Alhasil, tim Pengmas tersebut berhasil memperoleh dana hibah pada Program Kemitraan Masyarakat (PKM) oleh Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Dirjen Dikti - Kemendikbud Ristek) tahun 2021.

 

Tim ini terdiri dari dosen Fakultas Teknik Unusida yang diketuai oleh Zahrotul Azizah dari Program studi (Prodi) Teknik Kimia, Listin Fitrianah dan Agus Rachmad Purnama yang merupakan dosen dari prodi Teknik Industri.

 

Ketiganya membuat tim yang terdiri dari bidang multidisiplin. Namun saling mendukung program untuk membantu Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pengrajin sandal limbah spon di Dusun Karangbangkal, Desa Karangrejo, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan.

 

PKM ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk dan manajemen pemasaran di kampung sandal tersebut.

 

Ketua tim Pengmas, Zahrotul Azizah menjelaskan, tujuan program PKM ini adalah untuk meningkatkan produksi sandal spon secara mandiri yang juga akan membantu meningkatkan geliat pasar ekonomi masyarakat setempat.

 

Program ini diterapkan dengan membantu pengadaan alat-alat produksi seperti mesin plong sandal, mesin matres dan mesin blandes. Tak hanya itu, tim pengmas juga menggelar pelatihan desain dan foto produk dengan pegiat UKM setempat. 

 

"Selama ini, kegiatan UKM di sini belum mempunyai desain sandal sendiri. Kita mencoba membantu dengan memberikan alat-alat produksi serta membuatkan desain sandal yang lebih menarik, simple, elegan dan diminati pasar saat ini," tuturnya.

 

Selain memberi bantuan peralatan, tim pengmas juga mengadakan pegiatan pelatihan pada Selasa (03/08/2021). Kegiatan ini turut mengundang fotografer asal Surabaya Yayan Zanuar. Fotografer ini memberikan pengetahuan kepada para peserta tentang teknik dalam pengambilan foto produk yang manarik dengan Smartphone sendiri, tanpa menyewa kamera DSLR.

 

"Kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan pelaku UKM untuk pemasaran online. Foto produk yang menarik akan sangat berpengaruh dalam menarik minat konsumen dan permintaan pasar online yang lebih luas tentunya," paparnya.

 

Zahrotul Azizah berharap dengan adanya desain dan foto sandal yang manarik dapat meningkatkan kembali produksi sandal limbah spon ini seperti sebelum masa pandemi yang telah menembus pasar nasional.

 

Ketua UKM Aldiva, Tatik Farikha mengaku semenjak adanya pandemi ini produksi sandal enjadi turun drastis. Karena tidak adanya permintaan pasar maupun event yang biasanya diikuti. Hal ini tentu berdampak pada ekonomi masyarakat disini yang mayoritas merupakan pengrajin sandal.

 

"Berkat tim dari Unusida, yang banyak menyumbang alat-alat produksi serta memberikan pelatihan untuk berinovasi dalam produksi dan pemasaran sehingga roda ekonomi kita disini bisa bangkit lagi, kami berterima kasih kepada tim yang membantu UKM yang terdampak pandemi," ungkap Tatik Farikha.

 

Dekan Fakultas Teknik Unusida, Lukman Hakim sangat mengapresiasi atas keberhasilan tim dosen ini dalam penerapan tridharma perguruan tinggi. Yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

 

 

Menurutnya, keberhasilan ini merupakan wujud nyata kontribusi keilmuan para dosen fakultas teknik Unusida di masyarakat sekitar. Ia berharap hal ini agar dapat terus dikembangkan dan menjadi motivasi dosen dan mahasiswa Unusida yang lain untuk mencapai prestasi serupa.

 

"Saya sangat bangga dengan prestasi teman-teman dosen fakultas teknik yang mengharumkan nama Unusida. Selamat dan sukses bagi para penerima hibah penelitian dan pengabdian masyarakat, semoga bermanfaat, jayalah Unusida," pungkasnya.

 

Penulis: Maschan Yusuf

Editor: Romza


Editor:

Metropolis Terbaru