• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 5 Februari 2023

Metropolis

Gelar Pasar Rakyat, Bukti Ansor Gresik Peduli UMKM

Gelar Pasar Rakyat, Bukti Ansor Gresik Peduli UMKM
Pembukaan Pasar Rakyat yang diadakan PC GP Ansor Kabupaten Gresik. Foto: Istimewa
Pembukaan Pasar Rakyat yang diadakan PC GP Ansor Kabupaten Gresik. Foto: Istimewa

Gresik, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Gresik menyelenggarakan Pasar Rakyat dan Festival Santri 2022. Acara yang berlangsung mulai 16-25 September 2022 di Alun-alun Kecamatan Sidayu ini digelar sebagai bukti kepedulian terhadap sektor ekonomi pasca pandemi Covid-19, khususnya bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).


Aneka produk yang dijual beraneka ragam, mulai dari kuliner, jajanan, kerajinan, busana hingga buah durian. Beragam hiburan juga turut memeriahkan pagelaran selama 10 hari penuh ke depan. Total ada 120 pedagang UMKM yang telah menempati stand. Mereka datang dari berbagai wilayah kecamatan se-Kabupaten Gresik.


Resepsi pembukaan ditandai dengan pemotongan tumpeng jajanan khas Sidayu oleh Ketua PCNU Gresik KH Mulyadi.


Ketua PC GP Ansor Gresik, Abdul Rokhim mengatakan, selain sebagai ikhtiar menumbuhkan ekonomi, Pasar Rakyat merupakan kegiatan dalam rangka menyambut Satu Abad NU dan Hari Santri Nasional (HSN) 2022.


“Pasar Rakyat dan Festival Santri 2022 ini sebagai ikhtiar kita menumbuhkan ekonomi pasca pandemi, bagaimana ekonomi masyarakat bisa kembali pulih. Selain itu juga dalam rangka menyambut Satu Abad NU dan Hari Santri Nasional (HSN) 2022,” ujarnya.


Ia menambahkan, pasar rakyat dan festival Santri 2022 ini juga akan diisi berbagai pementasan, utamanya gelar seni Islami dan pentas seni budaya Gresik.


“Banyak hal yang nantinya akan kita tampilkan dalam Pasar Rakyat dan Festival Santri 2022 ini, terutama di panggung utama,” jelasnya.


Sementara itu, Ketua Panitia Pasar Rakyat dan Festival Santri 2022, Muhammad Nadlim menuturkan, panggung utama akan diisi beragam pementasan dari Banom NU, pondok pesantren (Ponpes) dan grup shalawat. Serta dimeriahkan penampilan bintang tamu Shodiq dan Duo Virgin dengan format religi.


“Untuk bintang tamu nanti juga ada penampilan Shodiq dan Duo Virgin dengan format religi, juga ada pementasan shalawat, dialog dan banyak lagi,” tandasnya.


Selain itu, rangkaian pembukaan pasar rakyat dan festival santri dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional 2022 dan Satu Abad Nahdlatul Ulama juga diisi dengan launching Koperasi Ansor Gresik.


Editor:

Metropolis Terbaru