• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Matraman

PCNU Ngawi Kini Miliki Kantor Baru

PCNU Ngawi Kini Miliki Kantor Baru
Suasana tasyakuran kantor NU Ngawi lantai 1 (Foto: NOJ/ Dewi)
Suasana tasyakuran kantor NU Ngawi lantai 1 (Foto: NOJ/ Dewi)

Ngawi, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Ngawi menggelar tasyakuran purna bangun kantor baru, Jumat (16/09/2022) malam. Kantor baru ini berada di Jalan Raya Ir Soekarno No 100 Desa Beran, Kecamatan/ Kabupaten Ngawi.


Sebelumnya, sekitar tahun 2013 PCNU Ngawi sudah memiliki kantor yang berlokasi di Gang Worawari, Desa Beran, Ngawi. Tetapi hanya hak pakai saja, sedangkan untuk tanah belum resmi milik PCNU Ngawi.


Kemudian pada tahun 2014 PCNU Ngawi memiliki tanah seluas setengah hektare yang lokasinya cukup strategis yakni berada di Jalan Raya Solo – Ngawi. Pada bulan Desember 2014 dibangun bangunan pertama yaitu Masjid Lintang Songo yang berlokasi tepat di samping kantor NU yang baru diresmikan. 


Setelah melakukan pembangunan Masjid Lintang Songo, PCNU Ngawi kemudian membangun logo NU raksasa dan  pada awal Desember tahun 2021 lalu. Kemudian dilanjutkan pembangunan kantor NU yang dirancang memiliki 3 lantai. 


Ketua Tanfidziyah PCNU Ngawi, Kiai Ahmad Ulin Nuha Rozy menuturkan, tasyakuran kantor NU lantai 1 tersebut salah satunya sebagai rasa syukur karena PCNU dan Badan Otonom (Banom) NU setempat sudah memiliki rumah bersama. Ia berharap diberikan kelancaran untuk pembangunan lantai ke-2 dan ke-3 nantinya. 


Ia juga menuturkan, pembangunan kantor NU tersebut menjadi salah satu skala prioritas program PCNU pada periode ini.


Kiai Ulin menyatakan, kantor tersebut bukan hanya milik PCNU, tetapi menjadi gedung bersama. Meskipun Banom-Banom NU sudah mulai membangun gedung atau rumah mereka, tetapi untuk membangun sinergitas diperlukan rumah NU bersama. 


"Sinergitas NU Ngawi dengan pemerintah daerah semakin kuat dan dengan banom-banom NU juga semakin harmonis, sehingga dibutuhkan rumah bersama. Walaupun banom-banom NU sudah mulai membangun rumahnya masing-masing akan tetapi saat-saat tertentu mereka akan berkumpul di rumah bersama mereka yaitu di kantor NU Ngawi," ujar Kiai Ulin kepada NU Online Jatim


Selain itu, ia berharap setelah adanya gedung tersebut nantinya dapat membangkitkan gerakan-gerakan untuk terus semakin cinta kepada NU.


"Dengan adanya gedung NU ini semoga dapat membangkitkan harakah atau gerakan untuk terus semakin cinta kepada NU dan meneruskan visi misi ulama membangun peradaban dunia, sesuai dengan tema besar 1 abad NU yakni merawat jagad membangun peradaban," tutur Kiai Ulin. ​​​​​​


Ony Anwar Harsono, Bupati Ngawi yang juga hadir dalam kegiatan tersebut berharap adanya gedung NU yang representatif akan terjalin silaturahim intensif, lebih erat dan terkoordinasi. 


Selain dihadiri oleh bupati setempat, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan dan Komunikasi Daerah (Forkopimda), Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) setempat dan juga pengurus Banom NU. 


Editor:

Matraman Terbaru