• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Pendidikan

Perpustakaan UIN Malang Jadi Literasi Penguatan Aspek Moderasi Beragama

Perpustakaan UIN Malang Jadi Literasi Penguatan Aspek Moderasi Beragama
Suasana kegiatan Pekan Kunjung Perpustakaan (PKP) UIN Malang. (Foto: NOJ/tugumalang)
Suasana kegiatan Pekan Kunjung Perpustakaan (PKP) UIN Malang. (Foto: NOJ/tugumalang)

Malang, NU Online Jatim
Dalam Pekan Kunjung Perpustakaan (PKP) tahun 2022, Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, Prof Dr M Zainuddin MA menjadi salah satu pembicara dalam gelaran INtalk dan Bedah Buku Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Min Dhunnur, Rabu (14/09/2022). Kegiatan ini diselenggarakan mulai hari Kamis hingga Rabu (01-14/09/2022) dengan mengusung tema ‘Literasi Membangun Moderasi Beragama’.


Kepala Pusat Perpustakaan UIN Malang, Mufid MHum mengatakan, bedah buku ini merupakan acara terakhir dari sekian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Perpustakaan Nasional yang jatuh pada 17 September 2022.


"PKP difokuskan pada literasi penguatan aspek moderasi beragama. Rangkaiannya bertujuan memperkenalkan program dan layanan perpustakaan UIN pada mahasiswa baru untuk meningkatkan kunjungan dan layanan. Saat ini kunjungan perpustakaan naik setiap hari lebih dari 1000 pengunjung," ujarnya.


Menurutnya, ada empat kali bedah buku dan enam kali perlombaan yang digelar dua pekan sebelumnya. Di antaranya, meliputi lomba baca kitab, promosi perpustakaan melalui media sosial Tiktok dan Instagram, pelatihan online research skill, dan sebagainya.


“Termasuk, ada penghargaan kepada mahasiswa yang paling sering berkunjung dan paling banyak meminjam buku di perpustakaan UIN Malang. Kami harap kegiatan ini bisa dilaksanakan tiap tahun sebagai upaya strategis meningkatkan literasi mahasiswa UIN," terangnya.


Buku yang dibedah kali ini berjudul Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Min Dhunnur karya Prof Dr Mujamil Qomar MAg. Menurut Mujamil, Min Dhunnur merupakan kepanjangan dari min al-dhulumat ila al-nur yang seringkali digunakan pembawa acara pengajian ketika mengawali sambutan.


Buku ini menawarkan jenis baru Manajemen Pendidikan Islam (MPI) berdasarkan sifatnya yang bagi mahasiswa Program Studi MPI, dosen MPI, para praktisi pendidikan, dan para pemerhati MPI sangat penting di baca dan dijadikan sebagai literatur pengayaan khazanah ilmu pengetahuan Islam.


Sementara Rektor UIN Malang, Prof Zainuddin menjelaskan, ilmu MPI membahas pengelolaan lembaga pendidikan Islam tentang bagaimana merencanakan, mengelola, melaksanakan, dan mengawasi proses pendidikan serta infrastruktur lembaga pendidikan yang berbasis pada nilai-nilai Islam.


“Terkait dengan pengelolaan, pelaksanaan dan pengawasan terhadap proses pendidikan, ada langkah-langkah dan idiom-idiom yang dapat dirumuskan dari konsep ajaran Islam bagi
tercapainya dan kesuksesan secara lebih baik dan bermutu tinggi,” jelasnya.


Lebih lanjut, langkah-langkah tersebut adalah niat, ikhtiar dan doa, muhasabah atau evaluasi diri, tawakal, syukur dan Al-Nashabu (terus berbuat dan berbuat). Buku tersebut penting dan memiliki kontribusi dalam pengayaan materi MPI, baik dari sisi akademik maupun kelembagaan.


"Penulisnya memang kompeten, otoritatif dan juga produktif. Sebagaimana pengakuan penulis sendiri, bahwa buku ini ditulis sebagai tawaran MPI yang disebut dengan MPI Min Dhunnur," pungkasnya.


Hanya saja, buku ini dirasa masih kurang sebab belum tuntas membahas berbagai persoalan yang terkait dengan MPI itu sendiri. Misalnya, belum membahas manajemen keuangan, manajemen kelembagaan, tata kelola organisasi dan seterusnya.


Pendidikan Terbaru