• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 6 Desember 2022

Pendidikan

Keren, UKM Pagar Nusa UIN Malang Sabet Puluhan Medali se-Nusantara

Keren, UKM Pagar Nusa UIN Malang Sabet Puluhan Medali se-Nusantara
Salah satu pesilat UKM Pagar Nusa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Foto: NOJ/Doc. Humas UKM Pagar Nusa)
Salah satu pesilat UKM Pagar Nusa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Foto: NOJ/Doc. Humas UKM Pagar Nusa)

Malang, NU Online Jatim
Sebanyak 16 mahasiswa yang terdiri dari 10 tim tanding dan 6 tim seni dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pagar Nusa Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang yang mengikuti ajang Nahdlatul Ulama (NU) CUP 3 se-Nusantara berhasil membawa pulang 10 medali emas, 1 medali perak, dan 3 medali perunggu.


Kejuaraan yang digelar oleh Pimpinan Cabang (PC) Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Kediri ini dipusatkan di Gedung Serbaguna Nahdlatul Ulama (GSNU) Kediri. Perlombaan bakal digelar 14-15 Mei lalu, namun akhirnya diundur pelaksanaannya dan baru digelar pada Sabtu (04/06/2022) sampai Ahad (05/06/2022).


Pelatih UKM Pagar Nusa UIN Maliki Malang, Hasbullah, mengakui bahwa torehan prestasi yang diraih anak didiknya membuat dirinya bangga.


"Sangat bangga tentunya, akan hasil yang diperoleh teman-teman Pagar Nusa UIN Maliki Malang. Kedepan kami berharap teman-teman tetap semangat dan jangan cepat puas terhadap hasil yang diperoleh pada kejuaraan ini," katanya kepada NU Online Jatim, Senin (06/06/2022).


Dirinya juga menginginkan anak didiknya nantinya bisa mengikuti kejuaraan yang lain dengan penuh kegembiraan dan semakin semangat dalam meningkatkan prestasi.


“Semoga kita tidak tergolong manusia yang mudah berpuas hati, agar kedepan kita dapat berjuang semaksimal mungkin di kejuaraan yang lain," tandasnya.


Sementara itu, Sri Dewi Rahmawati, salah satu pesilat Pagar Nusa asal UIN Maliki Malang, mengatakan bahwa usaha keras yang selama ini dilakukan telah membuahkan hasil yang memuaskan.


"Kami telah menyiapkan diri dengan latihan fisik, materi, dan mental sebelum mengikuti kejuaraan ini. Di sana fisik dan materi dilatih dengan sangat baik, hingga akhirnya perlombaan terasa lebih mudah," ujarnya.


Mahasiswa asal Kebumen tersebut juga menjelaskan bahwa dirinya mengikuti UKM Pencak Silat Pagar Nusa UIN Maliki Malang selama kurang lebih dua tahun terakhir. Ia juga berperan kepada seluruh Pesilat Pagar Nusa yang ada, untuk tetap semangat dan istiqomah berlatih.


"Tidak ada pendekar yang hebat tanpa latihan yang keras. Kemenangan dalam kejuaraan adalah bonus, yang terpenting proses kita saat berlatih," terangnya.


Sebagai informasi, NU CUP 3 se-Nusantara yang digelar oleh PC PSNU Pagar Nusa Kediri ini memiliki 5 tingkatan perlombaan yang bisa diikuti, diantaranya pra usia dini, usia dini, pra remaja, remaja, dan dewasa.


Pendidikan Terbaru