• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 2 Desember 2022

Tapal Kuda

Hasil Konfercab, H Ahmad Zainuri Nakhodai Pagar Nusa Situbondo

Hasil Konfercab, H Ahmad Zainuri Nakhodai Pagar Nusa Situbondo
Konfercab Pagar Nusa Situbondo tetapkan H Ahmad Zainuri sebagai nakhoda. (Foto: NOJ/ M Fathurrahman P)
Konfercab Pagar Nusa Situbondo tetapkan H Ahmad Zainuri sebagai nakhoda. (Foto: NOJ/ M Fathurrahman P)

Situbondo, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Situbondo melaksanakan Konferensi Cabang (Konfercab) pada Rabu (01/06/2022). Kegiatan yang dipusatkan di Masjid Aquba, Lapangan Ayuban, Panji, Situbondo tersebut menetapkan H Zainuri sebagai nakhoda PC Pagar Nusa Situbondo.


Ketua Pimpinan Wilayah (PW) PSNU Pagar Nusa Jawa Timur, H Abdul Muhid mengatakan, bahwa konferensi tersebut sah dan dapat diterima, baik oleh Pimpinan Wilayah maupun Pimpinan Pusat (PP) Pagar Nusa.


"Walaupun dihasilkan secara aklamasi, ini sah dan dapat diterima meski tidak melalui pemilihan, namun melalui proses musyawarah mufakat," katanya.


Pihaknya pun meminta kepada PC PSNU Pagar Nusa Situbondo untuk segera mengajukan permohonan Surat Keputusan (SK) Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pagar Nusa se-Kabupaten Situbondo.


“Hal ini perlu dilakukan agar nantinya mereka dapat dilantik secara bersamaan," imbuhnya.


Sementara Wakil Ketua PC PSNU Pagar Nusa Situbondo, Saiful Hasan menjelaskan bahwa konferensi kali ini berjalan dengan sukses dan lancar tanpa ada halangan sedikit pun.


"Alhamdulillah, setelah melalui proses yang cukup panjang, pada hari ini kita bisa mengadakan konferensi guna memilih ketua yang baru," ujar alumni Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton, Probolinggo itu.


Ia juga menuturkan, bahwa prosesi pemilihan ketua dilaksanakan secara aklamasi. Hal tersebut karena tidak ada kader lain yang diusulkan untuk memimpin Pagar Nusa Situbondo. Oleh karenanya, H Ahmad Zainuri ditetapkan sebagai nakhoda Pagar Nusa Situbondo.


"Karena tidak ada calon lain yang maju, maka pimpinan sidang menetapkan H Ahmad Zainuri terpilih sebagai Ketua Pagar Nusa Situbondo masa khidmat 2022-2027,” ungkapnya.


Selanjutnya, H Ahmad Zainuri selaku ketua terpilih mengatakan siap untuk mengemban amanah dan melanjutkan perjuangan para terdahulu.


"Saya akan menjalankan amanah ini sebaik mungkin, dan siap melanjutkan perjuangan para kiai dan guru-guru Pagar Nusa. Serta, akan terus bersinergi dengan pengurus domisioner," tutur Ketua Pagar Nusa Situbondo masa khidmat 1997-2001 itu.


Selain itu, H Ahmad Zainuri secara tegas mengaku tidak akan merombak pengurus harian di Pagar Nusa Situbondo saat ini. "Saya tidak akan mengubah struktur yang ada, kalaupun harus ada perpindahan struktur, itu dilakukan untuk ditempatkan di posisi yang sesuai dengan tupoksi masing masing," tandasnya.


Seperti diketahui, Ketua PC Pagar Nusa Situbondo sebelumnya, H Mannan meninggal dunia setahun silam. Untuk itu, posisi ketua mengalami kekosongan jabatan. Berdasarkan saran PW Pagar Nusa Jawa Timur, kemudian diminta mengadakan konferensi guna memilih pimpinan baru.


Tapal Kuda Terbaru