• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 2 Juli 2022

Metropolis

Lagi, Pagar Nusa Jatim Raih Juara Umum I di Kejurnas IV

Lagi, Pagar Nusa Jatim Raih Juara Umum I di Kejurnas IV
PW Pagar Nusa Jatim kembali meraih juara umum I di Kejurnas IV. (Foto: Istimewa)
PW Pagar Nusa Jatim kembali meraih juara umum I di Kejurnas IV. (Foto: Istimewa)

Surabaya, NU Online Jatim

Penutupan Kejuaran Nasional (Kejurnas) dan Festival IV Pagar Nusa digelar di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta Timur, Ahad (27/3/2022) malam. Dalam ajang bertajuk “Berdikari Berprestasi” ini kontingen dari Pimpinan Wilayah (PW) Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Jawa Timur berhasil menyabet juara umum 1.


Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Pagar Nusa, Muchamad Nabil Haroen atau Gus Nabil mengatakan, ajang pencak silat tingkat nasional tersebut diikuti lebih 800 atket dari seluruh Indonesia. Menurutnya, ajang ini digelar dalam dua sesi, yaitu sesi virtual dan sesi tanding.


“Sesi virtual telah digelar pada awal Maret 2022 lalu. Sedang sesi tanding baru saja diselenggarakan selama tiga hari pada 25-27 Maret di Padepokan Pencak Silat TMII,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Senin (28/03/2022).


Gus Nabil bersyukur sejak gelaran Kejurnas pertama hingga saat ini atlet pencak silat Pagar Nusa mengalami peningkatan yang signifikan. Menurutnya, peningkatan tersebut, baik kualitas maupun kuantitas, hendaknya terus dilakukan.

 
"Saya imbau para Pimpinan Wilayah (PW) dan Pimpinan Cabang (PC) Pagar Nusa agar terus meningkatkan atletnya, pelatih, wasit, dan jurinya. Hal ini agar di kejuaraan-kejuaraan mendatang kualitas atlet kita lebih baik lagi dan bisa mengharumkan Pagar Nusa dan NU," kata Wakil Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) ini.


Sebagai informasi, dalam Kejurnas sesi tanding kontingen Pagar Nusa Jatim yang meraih juara umum pertama berhasil mengumpulkan total 51 medali. Rinciannya yaitu, 38 medali emas, 5 perak, dan 8 perunggu.


Juara umum kedua ditempati kontingen Jawa Tengah yang menggondol 15 emas, 16 perak, dan 14 perunggu. Sedangkan kontingen DKI Jakarta sebagai juara umum ketiga meraih 7 emas, enam perak, dan 3 perunggu.


Diketahui, Kejurnas dan Festival IV Pagar Nusa itu secara resmi ditutup oleh Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), H Nusron Wahid. Penutupan tersebut ditandai dengan pemukulan gong sebanyak sembilan kali.


Editor:

Metropolis Terbaru