• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Tapal Kuda

PCNU Situbondo Ziarah dan Sowan Masayikh Sukorejo

PCNU Situbondo Ziarah dan Sowan Masayikh Sukorejo
Rombongan PCNU Situbondo saat silaturahim ke Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyyah Sukorejo, KHR Ahmad Azaim Ibrohimy. (Foto: NOJ/ M Fathurrahman P)
Rombongan PCNU Situbondo saat silaturahim ke Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyyah Sukorejo, KHR Ahmad Azaim Ibrohimy. (Foto: NOJ/ M Fathurrahman P)

Situbondo, NU Online Jatim
Suasana Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah dimanfaatkan oleh sejumlah kalangan untuk ziarah kubur dan silaturahim ke sanak famili atau pun guru. Hal tersebut menjadi tradisi yang terus dijaga hingga turun temurun oleh Nahdliyin di berbagai daerah.


Seperti yang dilakukan rombongan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Situbondo yang melakukan ziarah ke mabarah salah satu muassis Nahdlatul Ulama, yakni KHR As'ad Syamsul Arifin. Selain itu, juga silaturahim kepada Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyyah Sukorejo, KHR Ahmad Azaim Ibrohimy pada Rabu (04/04/2022).


"Kami melakukan silaturahim kepada KHR Azaim Ibrohimy dan ziarah ke maqbarah KHR As'ad Syamsul Arifin semata-mata untuk berharap barakah dan juga melestarikan tradisi lebaran," ujar KH Muhyiddin Khatib, Ketua PCNU Situbondo, Kamis (05/05/2022).


Ia menambahkan, selain bersilaturahim pihaknya mengaku juga untuk meminta nasihat untuk kemaslahatan NU Situbondo ke depan. Menurutnya, ada beberapa hal yang disampaikan Kiai Azaim waktu itu, di antaranya agar terus menjaga kesatuan, keutuhan, dan ikatan umat Islam.


"Banyak hal lain juga yang disampaikan Kiai Azaim. Semoga hal itu menjadi pelecut semangat kami dalam berkhidmat di Nahdlatul Ulama," imbuh kiai kelahiran Pulau Bawean, Gresik itu.


Sementara Wakil Ketua PCNU Situbondo, KH Fatah Yasin mengaku bahagia sekaligus senang dapat bersilaturahim kepada Kiai Azaim.


"Alhamdulillah, bisa sowan ke beliau. Hal ini menjadi suatu kebahagiaan untuk kami dapat sowan ke ulama besar seperti beliau," ujarnya.


Menurutnya, silaturahim tersebut sekaligus ziarah kepada Kiai Azaim yang baru saja pulang ibadah umrah beberapa waktu yang lalu. “Kegiatan ini nanti diakhiri dengan silaturahim di kediaman Ketua PCNU Situbondo," tandasnya.


Tapal Kuda Terbaru