• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 19 Januari 2022

Tapal Kuda

NU Situbondo Kerja Sama dengan Kemenag Terkait Pesantren dan Madrasah

NU Situbondo Kerja Sama dengan Kemenag Terkait Pesantren dan Madrasah
Suasana silaturahim pengurus PCNU Situbondo dengan Kemenag setempat, Kamis (07/10/2021). (Foto: NOJ/ Fathurrahman)
Suasana silaturahim pengurus PCNU Situbondo dengan Kemenag setempat, Kamis (07/10/2021). (Foto: NOJ/ Fathurrahman)

Situbondo, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Situbondo bersilaturahim ke kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat, Kamis (07/10/2021). Silaturahim ini dalam rangka menjalin kerja sama terkait pesantren dan madrasah.

 

Kerja sama itu, seperti Rabitah Ma’ahid Islamiyah (RMI) NU dengan Kemenag dalam bidang pesantren. Di antaranya RMI dan Kemenag bekerja sama untuk melakukan validasi data pesantren yang ada di Kabupaten Situbondo.

 

Sedangkan dalam bidang pendidikan, Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif PCNU Situbondo menggandeng Kemenag kaarena Madrasah Diniyah (Madin) berada di bawah naungan Kemenag. Pengawas Kemenag akan digandeng untuk bersinergi dengan LP Ma’arif NU dalam bidang pendidikan khususnya pengembangan Madin.

 

Kasubag TU Kemenag Situbondo, H Chaironi Hidayat mengatakan, dirinya yakin kerja sama yang akan dibangun PCNU Situbondo dengan Kemenag akan membuat terobosan baru. Baik untuk pesantren maupun pendidikan madrasah.

 

“Ini sangat bagus, terobosan-terobosan baru akan hadir guna memajukan pesantren dan madrasah di Situbondo. Sesuai dengan arahan Gus Yaqut Cholil Qoumas, Mentei Agama RI bahwa pesantren itu harus mandiri dan berkembang pesat, tidak boleh kalah dengan sekolah formal lainnya,” katanya.

 

Sementara itu, Ketua PCNU Situbondo, KH Muhyiddin Khatib mengatakan, pihaknya memiliki harapan besar pesantren dan madrasah di Kabupaten Situbondo sejahtera. “Keinginan saya ya hanya satu, semua pesantren dan madrasah sama-sama sejahtera. Banyak santrinya dan harus kita rawat pesantren yang ada, karena pesantren adalah bentengnya Nahdlatul Ulama,” ungkapnya.

 

Selain Ketua PCNU Situbondo dan Kasubbag TU Kemenag, hadir pula dalam pertemuan ini K Fatah Yasin Wakil Ketua PCNU Situbondo, KH Abdul Fatah Ketua RMINU Situbondo, Muhammad Faris Ketua PC LP Ma’arif NU Situbondo.

 

 

Kemudian, H Misbahul Munir Kepala Kemenag Situbondo, dan H Imam Turmudzi Kasi Pontren Kemenag Situbondo.

 

Penulis: Muhammad Fathurrahman Pratama


Editor:

Tapal Kuda Terbaru