• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Tapal Kuda

Festival Banjari, Cara Lesbumi NU Situbondo Lestarikan Budaya

Festival Banjari, Cara Lesbumi NU Situbondo Lestarikan Budaya
KH Hanif Makki saat memberi sambutan pada pembukaan Festival Banjari PC Lesbumi NU Situbondo. (Foto: NOJ/ Muhammad Fathurrahman Pratama).
KH Hanif Makki saat memberi sambutan pada pembukaan Festival Banjari PC Lesbumi NU Situbondo. (Foto: NOJ/ Muhammad Fathurrahman Pratama).

Situbondo, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Seni dan Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) Nahdlatul Ulama (NU) Situbondo mengadakan festival al-banjari, Sabtu (02/10/2021). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya menjaga kelestarian budaya klasik al-banjari agar tidak termakan oleh zaman. 

 

Dalam pelaksanaannya, PC Lesbumi NU Situbondo bekerja sama dengan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Ishlah Besuki. Agenda ini juga merupakan rangkaian acara milad majelis kanzul barokah.

 

Kegiatan ini diikuti 9 kelompok Ikatan Seni Hadrah Indonesia (Ishari) dari Situbondo dan Kabupaten Bondowoso.

 

Pengasuh Pondok Pesantren Al Ishlah Besuki, KH Hanif Makki dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan selamat kepada seluruh peserta fetival banjari.

 

“Terima kasih atas partisipasi dan keikutsertaan para peserta dalam festival banjari ini. Lomba ini adalah awal dari lomba-lomba banjari selanjutnya,” ujarnya.

 

Selain itu, Gus Hanif juga menyampaikan bahwa 3 terbaik dalam ajang ini akan diberikan kehormatan untuk tampil dan memeriahkan pelantikan Pengurus cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Situbondo tanggal 15 Oktober mendatang.

 

“Ada hadiah kehormatan pada 3 terbaik festival banjari, yaitu tampil dan ikut menyemarakkan pelantikan PCNU Situbondo” imbuhnya.

 

Agus Rajana selaku Ketua PC Lesbumi NU Situbondo dalam sambutannya mengapresiasi semangat dari para peserta lomba festival banjari.

 

“Saya sangat mengapresiasi semangat dan keinginan santri-santri sekalian dalam mengikuti lomba ini,” katanya.

 

Ia mengatakan, dalam kurun waktu 1 tahun pihaknya akan mengadakan pagelaran ‘Samudera Hadrah Nusantara’ yang diadakan di Situbondo. “Insyaallah tahun depan jika kondisi sudah membaik PC Lesbumi NU berkeinginan untuk mengadakan pagelaran samudera hadrah nusantara yang diikuti oleh seluruh Ishari se Situbondo dan akan dilaksanakan secara megah di alun-alun Situbondo,” imbuhnya. 

 

 

Acara ini akan dilanjut grand final pada tanggal 6 Oktober 2021 guna menentukan terbaik 1, 2 dan 3. Dan pada tanggal 10 Oktober pada saat malam puncak milad ke-4 Kanzul Barokah akan dilakukan pemberian hadiah dan trophy oleh ketua PC NU Situbondo dan Bupati Situbondo. 

 

Penulis: Muhammad Fathurrahman Pratama 


Editor:

Tapal Kuda Terbaru