• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Juni 2022

Tapal Kuda

Sekum PP IPNU Ingatkan Pola Kaderisasi Kekinian

Sekum PP IPNU Ingatkan Pola Kaderisasi Kekinian
Sekretaris Umum PP IPNU saat menyampaikan materi. (Foto: NOJ/ Muhammad Robet Asraria Soma)
Sekretaris Umum PP IPNU saat menyampaikan materi. (Foto: NOJ/ Muhammad Robet Asraria Soma)

Situbondo, NU Online Jatim 

Ngopi kaderisasi kembali dilaksanakan oleh Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Situbondo secara dalam jaringan (daring), Senin (06/09/2021). Pertemuan VIII atau Part-VIII ini menghadirkan Ketua Umum dan Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) .

 

Dalam kesempatan itu, Mufarrihul Hazin Sekretaris Umum PP IPNU menyampaikan bahwa pola kaderisasi IPNU-IPPNU harus disesuaikan menghadapi perubahan zaman. Atau sebaiknya menerapkan pola kaderisasi kekinian sesuai kondisi zaman.

 

"Kaderisasi kita ini juga harus diubah, kita itu sudah masuk di abad 21, maka banyak yang harus diubah termasuk pola kaderisasi," ujarnya saat sesi penyampaian materi.

 

Farih juga menjelaskan, ada beberapa yang harus lakukan dalam pola kaderisasi. Salah satunya harus berpikir kritis, kreatif, saling berkolaborasi serta berkomunikasi. 

 

"Skill atau keahlian di abad ke-21 itu tidak cukup hanya learning skill, tapi juga ada literacy skill. Literacy skill itu berbicara tentang informasi, media, dan teknologi," ungkapnya.

 

Farih juga mengingatkan tentang kaderisasi secara filosofis. "The real kaderisasi adalah selama dia mampu untuk berproses dan menghidupkan ruh kepada jiwanya," tuturnya.

 

 

Menurut Farih,  tema ngopi kaderisasi nertajuk ‘sayap kanan kaderisasi : urgensi administrasi dalam kaderisasi’ sudah baik. "Maka benar karena tidak cukup hanya melakukan kaderisasi tanpa adanya desiminasi atau penyebaran," ungkapnya.

 

Penulis: Muhammad Robet Asraria Soma

Editor: Romza


Editor:

Tapal Kuda Terbaru