• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Tapal Kuda

PCNU Situbondo Dukung Pengembangan Kreasi Penghuni Lapas

PCNU Situbondo Dukung Pengembangan Kreasi Penghuni Lapas
KH Muhyiddin Khatib saat memberikan sambutan di Rutan Situbondo (Foto : NOJ/Faturrahman)
KH Muhyiddin Khatib saat memberikan sambutan di Rutan Situbondo (Foto : NOJ/Faturrahman)

Situbondo, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Situbondo melakukan kunjungan dan buka bersama dengan warga binaan rumah tahanan (rutan) atau lembaga pemasyarakatan (lapas) setempat pada Jumat (29/04/2022). Yang tidak diduga, dalam kegiatan tersebut warga binaan rutan menunjukkan beragam produk dari anyaman rotan.


Merespons hal tersebut, Ketua PCNU setempat, KH Muhyiddin Khatib mengapresiasi dan akan mendukung untuk pengembangan berikutnya. 


"Nanti kami akan menghubungi beberapa pihak untuk menindaklanjuti ini. Karena karya ini patut untuk dikembangkan," ucapnya dalam acara buka bersama dengan warga binaan lapas.


Lebih dari itu, dosen Universitas Ibrahimy tersebut berharap kepada pembuat karya kreativitas itu ketika keluar dari lapas agar bisa meningkatkan produktivitasnya.


"Jangan hanya dicukupkan di sini. Saat sudah bebas nantinya, bakat tersebut harus terus ditingkatkan,"  tuturnya. 


Selain itu, pria yang akrab disapa Kiai Muhyi tersebut mengingatkan kepada puluhan warga binaan rutan tersebut tentang pentingnya meningkatkan kualitas diri. Kendati sudah pernah melakukan kesalahan, jangan pernah putus asa untuk berproses. 


"Orang yang salah yang diikuti penyesalan itu lebih baik dari orang yang melakukan kebaikan namun diiringi kesombongan. Karena itu, manfaatkan kesempatan ini untuk mengubah diri menjadi lebih baik," ujarnya.


Sementara itu KH Fatah Yasin selaku Wakil Ketua PCNU Situbondo mengatakan kegiatan ini diadakan untuk syiar NU kepada para warga binaan.


"Kami hadir di sini untuk menjenguk saudara-saudara kami yang sekarang sedang dalam binaan rutan Situbondo. Selain itu kami juga mensyiarkan NU kepada warga binaan yang ada di sini," ujar kakak dari politikus Guntur Romli tersebut.


Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua PCNU Situbondo beserta jajaran pengurus; Kasubag TU Kemenag, Imam Tirmidzi, ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama, Ustad Muhammad Nur; dan beberapa pimpinan Rutan Situbondo.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru