• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 26 Juni 2022

Jujugan

Menikmati Keindahan Sunset di Pantai Utara Besuki Situbondo

Menikmati Keindahan Sunset di Pantai Utara Besuki Situbondo
Keindahan Sunset senja di pantai Bong Besuki (Foto: NOJ/ Faturrahman)
Keindahan Sunset senja di pantai Bong Besuki (Foto: NOJ/ Faturrahman)

Situbondo, NU Online Jatim

Kabupaten Situbondo memiliki pantai di sepanjang utara yang membentang 150 Kilometer mulai dari ujung barat hingga ujung timur. Termasuk juga Pantai Bong Desa Pesisir, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo.


Pantai ini terletak di ujung utara Kecamatan Besuki, kurang lebih sekitar 3 kilometer dari pusat Besuki, tepatnya ke arah utara dari Alun-alun Kawedanan Besuki. Selain pantai, Bong juga merupakan dermaga persandaran kapal-kapal ikan di kala pagi dan malam hari.


Masyarakat Besuki umumnya berkunjung ke tempat ini ketika menjelang matahari terbenam atau yang sering disebut 'Sunset'.


Muhyiddin salah satu pengunjung menuturkan, keindahan sunset di pantai Bong sama halnya seperti di pulau Dewata Bali.


"Di sini kalau sore ramai, selain melihat pemandangan laut, kita juga bisa melihat matahari terbenam di barat seakan kita berada di pulau Dewata Bali," ujarnya kepada NU Online Jatim, Sabtu (09/04/2022).


Ia juga mengatakan, selain indah dan menarik untuk melihat sunset, tempat ini pun tidak perlu merogoh kantong yang dalam.


"Dengan pemandangan yang luar biasa, tidak usah ke Pulau Dewata sudah bisa melihat sunset senja seperti ini, dan yang penting gratis. Sangat cocok untuk menunggu waktu buka puasa di sini," terangnya.


Di tempat yang berbeda, Andik Pangesto, warga sekitar Pantai Bong menyampaikan, pengunjung yang datang selalu ramai di kala sore hari.


"Hampir setiap hari ramai, biasanya kalau bulan-bulan di luar Ramadhan, mereka menikmati pemandangan laut dan sunset ditemani dengan kudapan khas pesisir Besuki, yakni Kotel," katanya.


Meski demikian, Andik menilai kebersihan di lokasi ini harus ditingkatkan. "Kurangnya kebersihan di daerah Pantai Bong ini membuat kurang nyaman sebetulnya, ditambah lagi kesadaran pengunjung akan kebersihan," ujarnya.


"Semoga ke depannya para pengunjung bisa memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungan di sini (Pantai Bong) agar tetap bersih dan nyaman untuk melihat pemandangan," tandasnya.


Editor:

Jujugan Terbaru