• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 30 Juni 2022

Tapal Kuda

Unik, Mahapatih Gajah Mada Jualan di Pasar Ramadhan NU Besuki

Unik, Mahapatih Gajah Mada Jualan di Pasar Ramadhan NU Besuki
Nyai Khoironi, Wakil Bupati Situbondo (kerudung hitam) saat berswafoto dengan ikon Mahapatih Gajah Mada di lokasi Pasar Ramadhan NU Besuki, Situbondo. (Foto: NOJ/ Muhammad Faturrahman P)
Nyai Khoironi, Wakil Bupati Situbondo (kerudung hitam) saat berswafoto dengan ikon Mahapatih Gajah Mada di lokasi Pasar Ramadhan NU Besuki, Situbondo. (Foto: NOJ/ Muhammad Faturrahman P)

Situbondo, NU Online Jatim

Ada yang unik dari kegiatan Pasar Ramadhan yang diadakan oleh Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Besuki, yang dipusatkan di Alun-alun Besuki, Kabupaten Situbondo. Pasalnya, saat pembukaan kegiatan pada Sabtu (09/04/2022) ini ada sosok Mahapatih Gajah Mada yang ikut serta berjualan.


Diketahui, Gajah Mada adalah seorang panglima perang dan mahapatih yang sangat berpengaruh pada zaman Kerajaan Majapahit. Ia memiliki nama lain Jirnnodhara. Gajah Mada tersebut diperagakan oleh Muhammad Rasul Aminullah, salah seorang pemuda setempat yang juga berjualan dalam Pasar Ramadhan tersebut.


Kepada NU Online Jatim, Rasul mengatakan bahwa ide untuk menggunakan kostum ala Mahapatih Gajah Mada tersebut merupakan dari salah seorang habaib di Besuki, yakni Habib Hud Al Khirid.


"Ini semata untuk memeriahkan dan menyemarakkan acaranya MWCNU Besuki, yakni Pasar Ramadhan. Dan, kostum ini dipilih atas perintah dari Habib Hud Al Khirid, yang memang sangat cinta terhadap budaya lokal,” ujarnya.


Dirinya menambahkan, tidak hanya sekadar pamer kostum saja, pihaknya juga akan memeriahkan agenda tersebut dengan penampilan gamelan dari sanggar seni yang dipimppin oleh Habib Hud Al Khirid.


"Nanti juga ada pertunjukan gamelan dan seni seni lainnya dari kami, dan ini juga atas inisiatif Habib Hud Al Khirid," terangnya.


Kehadiran Rasul dengan cosplay Mahapatih Gajah Mada tersebut menarik perhatian banyak kalangan. Sebab, ia tidak hanya berpajang saja tapi juga menjajakan makanan atau minuman yang dijual. Beberapa pengunjung juga meminta untuk melakukan swafoto.


Tak ayal, penampilan Rasul tersebut mendapat apresiasi dari sejumlah kalangan. Salah satunya Wakil Bupati Situbondo, Nyai Khoirani. Ia mengatakan, dengan ini mangaku diingatkan dengan sejarah dan seni yang begitu kental bagi warga Jawa.


" Unik dan cukup menarik perhatian dari semua kios yang ada. Selain itu, juga menjadi hiburan bagi warga yang berkunjung di pasar Ramadhan ini," ujar perempuan yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum Besuki ini.


Tapal Kuda Terbaru