• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Tapal Kuda

PCNU Situbondo Imbau Ziarah Makam Muassis Jelang Ramadhan

PCNU Situbondo Imbau Ziarah Makam Muassis Jelang Ramadhan
Ketua PCNU Situbondo KH Muhyiddin Khatib. FOto: Istimewa
Ketua PCNU Situbondo KH Muhyiddin Khatib. FOto: Istimewa

Situbondo, NU Online Jatim
Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Situbondo KH Muhyiddin Khatib mengimbau kepada seluruh Nahdliyin agar melaksanakan tradisi 'nyekar' atau ziarah kubur para muassis NU di daerah masing masing. Hal ini disampaikannya guna menyambut datangnya bulan Ramadhan.
 

"Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan, mari para Kiai, Bu Nyai, Ustadz, Ustadzah untuk menyempatkan diri ziarah ke makam para muassis Nahdlatul Ulama di masing masing daerah," demikian isi pesan yang ditulis Kiai Muhyiddin Rabu (30/03/2022).
 

Kepada NU Online Jatim, ia menjelaskan, imbauan ini tiada lain hanya untuk mengharap barokah para muassis NU di setiap tempat di Situbondo.
 

"Selain mengharap barokah para muassis, ini juga bertujuan untuk kita selalu mengingat perjuangan para muassis NU. Mulai dari ujung timur hingga ujung barat Situbondo, dan momentumnya juga pas ketika menjelang Ramadhan," terangnya.
 

Di tempat yang berbeda, Masrur Sahamo, penasihat Lembaga Ta'lif wan Nasyr berpendapat bahwa kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan semua Nahdliyin.
 

"Penting kiranya untuk kita Nahdliyin melakukan tradisi nyekar atau ziarah kubur ini, selain mohon sambungan barokah, ini juga langkah PCNU Situbondo untuk melestarikan tradisi NU," katanya.
 

Ia berharap, semua Nahdliyin bisa terus melestarikan tradisi ini, bukan hanya ketika menjelang Ramadhan, namun bisa diterapkan pada hari lainnya.
 

"Semoga bisa terus lestari di masyarakat, bukan hanya momen tertentu saja, namun bisa menjadi kebiasaan rutin dalam kehidupan kita, dan semoga menyambut Ramadhan dengan suka cita," pungkasnya.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru