• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 29 Mei 2022

Tapal Kuda

NU Peduli Semeru

Aksi Empati LPBINU-LAZISNU Situbondo Bagi Korban Erupsi Semeru

Aksi Empati LPBINU-LAZISNU Situbondo Bagi Korban Erupsi Semeru
Penggalangan donasi untuk korban erupsi Gunung Semeru oleh LAZISNU dan LPBINU Situbondo. (Foto: NOJ/ Muhammad Fathurrahman P)
Penggalangan donasi untuk korban erupsi Gunung Semeru oleh LAZISNU dan LPBINU Situbondo. (Foto: NOJ/ Muhammad Fathurrahman P)

Situbondo, NU Online Jatim

Erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang pada Sabtu (04/12/2021) memantik rasa empati banyak kalangan. Salah satunya Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) dan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Situbondo yang menggalang donasi di sejumlah titik, Ahad (05/12/2021).
 
 

Kegiatan tersebut dilakukan berdasarkan instruksi Ketua PCNU Situbondo KH Muhyiddin Khatib. “Nanti LAZISNU dan LPBINU akan mengadakan penggalangan donasi untuk para korban erupsi Gunung Semeru,” katanya kepada NU Online Jatim.

 

Direncanakan, hasil donasi tersebut akan disalurkan langsung kepada korban di pos-pos evakuasi. “Insyaallah, dalam 2 atau 3 hari ketika donasi terkumpul semua nantinya akan dikirim langsung,” terang Kiai Muhyiddin.

 

Sementara Ketua LAZISNU Situbondo, Rusdiyanto mengatakan, bahwa penggalangan donasi ini diadakan di beberapa titik di seputar Kabupaten Situbondo.

 

“Kami bergerak di Terminal Situbondo, Pasar Mimbaan, dan lampu merah alun-alun Situbondo,” katanya.

 

Rusdi menjelaskan, bahwa donasi tersebut tidak dibatasi hanya berupa uang. Namun, juga meneriman donasi yang berbentuk pakaian bekas layak pakai dan segala macam kebutuhan bahan pokok.

 

Untuk itu, Rusdi pun berharap agar semua korban tabah dalam menghadapi musibah. ” Semoga para korban diberi ketabahan dalam menghadapi cobaan ini. Semoga kita semua bisa mengambil hikmah di balik ini,” ungkapnya.

 

Senada dengan itu, Ketua LPBINU Situbondo, Jauhari menyampaikan rasa prihatin yang mendalam atas peristiwa tersebut. Ia berharap, para korban mendapat pelayanan kesehatan yang maksimal dari pemerintah. 

  

“Kami prihatin atas kejadian yang menimpa saudara-saudara kita di sana. Semoga para korban mendapat perawatan yang layak dari pemerintah,” tandasnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Tapal Kuda Terbaru