• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 23 Januari 2022

Metropolis

Melalui SID, PMII Unesa Tingkatkan Kepekaan Isu Ideologi

Melalui SID, PMII Unesa Tingkatkan Kepekaan Isu Ideologi
SID PR PMII Sosial Unesa berlangsung secara virtual. (Foto: NOJ/Hisam)
SID PR PMII Sosial Unesa berlangsung secara virtual. (Foto: NOJ/Hisam)

Surabaya, NU Online Jatim

Pengurus Rayon (PR) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sosial, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) sukses menggelar Sekolah Ideologi Dunia (SID) secara virtual selama tiga hari mulai dari Jum’at hingga Ahad (03-05/12/2021).

 

“SID ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah berdirinya rayon dan Alhamdulillah bisa berjalan dengan sukses serta para kader antusias mengikuti kegiatan ini secara virtual hingga tuntas,” tutur Ketua Bidang l Pengurus Komisariat (PK) PMII Unesa, Farich Ubaidillah dalam sambutannya pada acara SID PR PMII Sosial Unesa.

 

Farich menjelaskan bahwa ideologi merupakan hasil dari pemikiran yang mampu melahirkan dan merubah tatanan masyarakat. Oleh sebab itu menjadi kader PMII tentunya harus memahami secara tuntas mengenai pengertian ideologi secara luas.

 

“Oleh sebab itu, kader PMII yang nantinya memperjuangkan akidah Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) An-Nahdliyah harus memiliki wawasan secara luas mengenai berbagai macam ideologi dan semua kader wajib hukumnya mempelajari serta memahami itu. Sehingga kemudian tidak mudah terbawa arus,” jelasnya.

 

Pada kesempatan berbeda, Ketua Rayon Sosial Unesa M Ali Said mengatakan bahwa SID Rayon Sosial Unesa ini merupakan ikhtiar bersama dalam rangka menjadikan kader-kader PMII menjadi insan yang kritis serta peka terhadap isu isu ideologi yang berkembang.

 

"Melalui SID ini, para Kader PMII Unesa diharapkan mampu menjadi lebih kritis dan berintelektual dalam menyikapi isu-isu terkait ideologi yang sedang berkembang. Kami harap juga kegiatan ini dapat mempertajam kecerdasan dan memperkukuh keingintahuan para kader," harapnya.

 

Editor: Risma Savhira

 


Metropolis Terbaru