• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 30 Juni 2022

Tapal Kuda

NU Besuki Situbondo Salurkan Santunan dan Zakat Fitrah 2 Ton Beras

NU Besuki Situbondo Salurkan Santunan dan Zakat Fitrah 2 Ton Beras
Penyerahan santunan dan zakat fitrah oleh MWCNU Besuki, Situbondo. (Foto: NOJ/ Muhammad Fathurrahman P)
Penyerahan santunan dan zakat fitrah oleh MWCNU Besuki, Situbondo. (Foto: NOJ/ Muhammad Fathurrahman P)

Situbondo, NU Online Jatim
Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Besuki melaksanakan santunan anak yatim piatu dan penyaluran zakar fitrah. Penyaluran tersebut dilakukan saat Pasar Ramadhan MWCNU Besuki di Alun-Alun Besuki, Situbondo, Kamis (28/04/2022).


Dalam kesempatan itu, Ketua MWCNU Besuki Kiai Jalal Kiromi, menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak pihak yang mendukung suksesnya acara santunan dan penyaluran zakat tersebut.


"Terima kasih kepada masyarakat Besuki yang sudah menyumbangkan sedikit rezekinya untuk diberikan kepada anak yatim melalui panitia Pasar Ramadhan ini,” ujarnya.


Pihaknya juga berterima kasih kepada pemerintah yang sudah memberikan fasilitas tempat dan kontribusi untuk kegiatan ini. Serta, kepada para pedagang dan panitia yang berperan penting dalam suksesnya kegiatan ini.


“Sekali lagi terima kasih banyak atas partisipasi semua pihak guna lancarnya kegiatan ini," ucapnya.


Sementara Gus Abdurrahman selaku Ketua Unit Pengelola Zakat, Infak dan Shadaqah (UPZIS) Lembaga Amil Zakat, Infak dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Besuki mengatakan, jumlah santunan dan zakat yang tersalurkan sebesar 2 ton beras.


"Alhamdulillah, hari ini kita bisa menyalurkan santunan dan zakat kepada anak yatim sebanyak 80 orang, dan dhuafa sebanyak 150 orang," terangnya.


"Beras yang berhasil dikumpulkan sebanyak 2 ton dari zakat warga Besuki, zakat maal sebesar Rp6 juta, dan infaq santunan sebesar Rp3,8 juta," imbuhnya.


Gus Abdurrahman menambahkan, bahwa kegiatan ini diinisiasi oleh panitia Pasar Ramadhan MWCNU Besuki. Menurutnya, persiapan dalam pelaksanaan santunan dan penyaluran zakat cukup singkat.


“Persiapan kegiatan ini cukup singkat, hanya sekitar dua pekan sebelum hari pelaksanaan. Karena memang mendadak,” tandasnya.


Diketahui, kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Katib Pengurs Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Situbondo KH Ahmad Hanif Makki, Sekretaris Kecamatan Besuki Fathurrahman dan jajarannya, serta Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) se-Kecamatan Besuki.


Tapal Kuda Terbaru