• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 7 Desember 2022

Tapal Kuda

Begini Cara Sinergi LP Ma’arif dengan Muslimat NU Situbondo

Begini Cara Sinergi LP Ma’arif dengan Muslimat NU Situbondo
Penandatanganan MoU pengelolaan lembaga pendidikan di lingkup PCNU Situbondo. (Foto: NOJ/ Faturrahman)
Penandatanganan MoU pengelolaan lembaga pendidikan di lingkup PCNU Situbondo. (Foto: NOJ/ Faturrahman)

Situbondo, NU Online Jatim
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Nahdlatul Ulama (NU) Situbondo melakukan kerja sama melalui Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Situbondo terkait pendidikan tingkat Taman Kanak-kanak, Raudatul Athfal (RA), dan Kelompok Bermain.
 

Acara ini berlangsung di aula Barokah lantai 2 kantor PCNU setempat, pada Senin (11/04/2022).
 

Dalam MoU tersebut, PC LP Ma'arif NU menyerahkan 50 TK, RA, KB kepada PC Muslimat NU Situbondo. Hal ini dilakukan karena mengacu pada Surat Keputusan Bersama (SKB) Pengurus LP Ma'arif dan Muslimat NU Pusat tahun 2015 silam.
 

KH Muhyiddin Khatib, selaku Ketua PCNU Situbondo menerangkan bahwa MoU ini baru bisa terlaksana pada tahun 2022 dikarenakan PC LP Ma'arif NU yang sebelumnya belum bisa merealisasikan.
 

"Hal ini baru bisa terlaksana setelah Pengurus LP Ma'arif dan Muslimat NU Situbondo duduk bersama dan berembuk mengenai hal tersebut. Hal ini mengalami keterlambatan karena tidak aktifnya LP Ma'arif pada periode yang lalu," terang kiai yang lahir 56 tahun silam tersebut.
 

Ia menambahkan, MoU tersebut sangat penting untuk dijalankan demi kepentingan pendidikan dasar para putra-putri penerus perjuangan Nahdlatul Ulama.
 

"Mengapa hal ini perlu dijalankan? Karena kami ingin para Bu Nyai di Muslimat NU dapat membina lebih intensif dan ini demi pendidikan masa depan kader emas Nahdlatul Ulama yang akan datang," ujarnya.
 

"Kami berharap para Bu Nyai yang nanti juga akan dibantu oleh PCNU Situbondo dapat menanamkan paham Ahlussunah wal Jamaah kepada anak-anak mulai usia dini, guna mengenalkan secara dasar tentang NU, secara perlahan akan diperbaiki ke depannya," sambungnya.
 

Di kesempatan yang sama, Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengatakan, pemerintah siap mendukung penuh setiap program NU terutama dalam bidang pendidikan usia dini.
 

"Saya sangat mendukung dan mengapresiasi upaya ini. Maka dari itu, semua elemen pemerintah hadir pada saat ini dan dinas pendidikan akan membantu segala perizinan yang bersangkutan dengan TK, RA, KB yang belum lengkap administrasinya," kata bupati yang juga mantan Bendahara PCNU Bondowoso tersebut.
 

"Yang terpenting semua harus bersama-sama untuk kepentingan masyarakat, terutama pendidikan benih-benih emas Indonesia terutama Nahdlatul Ulama," tandasnya.
 

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua LP Ma'arif NU Situbondo, Muhammad Faris, Ketua PC Muslimat NU Situbondo, Nyai Hj Mas'udah Mu'iz, Wakil Bupati Situbondo, Nyai Khoirani, Plt Dinas Pendidikan Situbondo, Siti Aisyah dan beberapa jajaran PCNU Situbondo.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru