• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 7 Desember 2022

Tapal Kuda

Tingkatkan Kualitas Pendidik, Ma'arif NU Pasuruan Gelar Pelatihan Literasi Dasar

Tingkatkan Kualitas Pendidik, Ma'arif NU Pasuruan Gelar Pelatihan Literasi Dasar
Training of Trainers Literasi Dasar Ma'arif NU Pasuruan. (Foto: NOJ/ Rahma Salsabila)
Training of Trainers Literasi Dasar Ma'arif NU Pasuruan. (Foto: NOJ/ Rahma Salsabila)

Pasuruan, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Pasuruan mengadakan Training of Trainers Literasi Dasar di Sekolah Dasar (SD) NU Bangilan pada Rabu dan Kamis (15-16/12/2021).

 

Dengan melibatkan 50 peserta yang terdiri dari kepala sekolah dan guru kelas SD/ MI, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan sekolah/ madrasah Ma'arif NU Pasuruan melalui literasi dasar.

 

"Guru diharapkan mampu menguasai berbagai strategi pembelajaran, berdaya serta mampu berkreasi dalam membuat/ menggunakan media pembelajaran literasi," ucap Mohamad Yusuf, Ketua pelaksana yang merupakan perwakilan dari bidang pengembangan sekolah/madrasah berkualitas PC LP Ma'arif NU Pasuruan.

 

Sementara itu, Ketua PC LP Ma'arif NU Kabupaten Pasuruan, Akhmad Farid menjelaskan, kecakapan literasi di abad 21 bagi guru dan peserta didik dalam menghadapi tantangan global adalah urgensi yang melatarbelakangi kegiatan tersebut.

 

"Karena hal tersebut berpengaruh pada pencapaian hasil belajar murid dan juga dalam kehidupan mereka sehari-hari," imbuhnya.

 

Training of Trainers Literasi Dasar dilaksanakan selama dua hari dengan berbasis modul, praktik dan pemecahan masalah terkait pembelajaran literasi.

 

"Harapannya, di berbagai kecamatan nantinya terdapat fasilisator literasi dasar yang mendiseminasikan ilmu dan best practice-nya ke sekolah/madrasah di bawah naungan Ma'arif NU," katanya.

 

Peserta training begitu antusias mengikuti kegiatan yang berlangsung di sekolah unggulan NU Pasuruan tersebut sembari meninjau sistem pengelolaan pendidikan dan pelayanan kebutuhan warga sekolah yang diterapkan di sana.

 

 

"Menurut saya yang menarik adalah sistem transaksi di sini yang dilaksanakan secara non tunai, yakni menggunakan kartu bernama BRIZI yang merupakan hasil kerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk jual-beli di Ma'arif Mart SD NU Bangilan. Sehingga ini lebih aman dan praktis khususnya bagi siswa," jelas Farid.

 

Editor: Romza


Editor:

Tapal Kuda Terbaru