• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 3 Desember 2022

Tapal Kuda

NU Peduli Semeru

Bantu Sektor Pendidikan, LP Ma’arif NU Jatim Serahkan Donasi untuk Korban Semeru

Bantu Sektor Pendidikan, LP Ma’arif NU Jatim Serahkan Donasi untuk Korban Semeru
Penyerahan donasi seccara simbolis dari PW LP Ma'arif NU Jatim untuk korban erupsi Semeru di Lumajang, Sabtu (08/01/2022). (Foto:NOJ/ Imam Malik).
Penyerahan donasi seccara simbolis dari PW LP Ma'arif NU Jatim untuk korban erupsi Semeru di Lumajang, Sabtu (08/01/2022). (Foto:NOJ/ Imam Malik).

Lumajang, NU Online Jatim    

Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (LP Ma’arif NU) Provinsi Jawa Timur menyerahkan bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Sabtu (08/01/2022). Bantuan untuk sektor pendidikan diserahterimakan di Aula Gedung Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lumajang Sumberejo.

 

Selain itu, ada pula Pengurus Cabang (PC) LP Ma’arif dari sejumlah daerah serta H Masykuri Rektor Universitas Islam Malang (Unisma).

 

“Alhamdulillah kami bisa hadir di PCNU Kabupaten Lumajang bersama dengan Unisma serta PC-PC LP Ma’arif NU se-Jatim. Kehadiran kami, selain berempati terhadap masyarakat Lumajang, kami juga berniat memberikan bantuan khusus terkait dengan pendidikan,” kata Ketua PW LP Ma’arif NU Jatim H Noorshodiq Askandar.

 

Bantuan sektor pendidikan NU itu akan difokuskan di Kecamatan Pronojiwo dan Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang hingga mencapai ratusan juta rupiah.

 

“Yang hari ini kita serahkan uang sebanyak Rp200 juta. Insyaallah nanti kami akan serahkan ke setiap sektor pendidikan di Kecamatan Pronojiwo itu sekitar Rp116 juta, jadi total kira-kira Rp316 juta. Kenapa tidak sekalian penyerahannya, karena yang daftar belum menyerahkan. Sehingga nanti supaya tidak bolak-balik ke sini, nanti ada yang menyerahkan lewat Dampit-Malang,” ungkap Gus Shodiq.

 

Sementara itu, H Masykuri, Rektor Unisma yang juga hadir dalam forum tersebut menegaskan bahwa pada tanggal 11 Januari 2022 nanti ada sekitar seratus rektor se-Indonesia akan berkumpul di kampus yang dipimpinnya di Malang.

 

Pertemuan tersebut, salah satunya akan menyerahkan bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru secara simbolis kepada Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jatim.

 

“Insyaallah sudah ratusan juta yang terkumpul. Saya tidak berani menyebutkan nominal realnya karena ini akan diumumkan sampai hari Senin (10/01/2022) besok khusus forum rektor. Dan kami sudah mengevaluasi, sampai kemarin malam sudah menyentuh ratusan juta,” katanya.

 

Pria yang akrab disapa Prof Masykuri ini menyampaikan, pengumpulan donasi itu merupakan bentuk empati terhadap penyintas erupsi Gunung Semeru.

 

Ia juga menegaskan, pihaknya akan menyiapkan upaya khusus untuk berkontribusi dalam pemulihan sektor pendidikan bagi korban erupsi Gunung Semeru.

 

“Nantinya, selain membagikan donasi, kami akan kerahkan mahasiswa kami yang masuk Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU)-Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) untuk membuat aplikasi guna menjadi relawan, untuk menjadi guru Ngaji Madrasah Diniyah (Madin) di wilayah pengungsian Pronojiwo dan Candipuro,” tandasnya.

  

Adapun acara penyerahan donasi ini dihadiri Ketua PCNU Kabupaten Lumajang KH Jamaluddin, Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Lumajang Abdul Mughits Naufal, serta Ketua PC LP Ma’arif NU Kabupaten Lumajang Moch Yamin.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru