• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 September 2022

Tapal Kuda

NU Peduli Semeru

Bantuan NU Peduli Semeru Terpusat di Pendopo Lumajang

Bantuan NU Peduli Semeru Terpusat di Pendopo Lumajang
Proses penghimpunan donasi bantuan untuk warga terdampak erupsi Gunung Semeru yang terpusat di Pendopo Lumajang. (Foto: NOJ/ Imam Malik Hakim)
Proses penghimpunan donasi bantuan untuk warga terdampak erupsi Gunung Semeru yang terpusat di Pendopo Lumajang. (Foto: NOJ/ Imam Malik Hakim)

Lumajang, NU Online Jatim 

Tim NU Peduli Semeru yang merupakan gabungan sejumlah elemen NU di Lumajang melakukan penghimpunan bantuan dan donasi untuk warga terdampak erupsi Gunung Semeru. Proses ini dipusatkan di Pendopo Arya Wiraraja Kabupaten Lumajang.

 

Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Lumajang, H Abdul Mughit Naufal mengatakan, bersama banom dan elemen NU lainnya, pihaknya membentuk tim NU Peduli Semeru.

 

Di antara yang tergabung ialah Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU), Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU), GP Ansor, Banser, Fatayat NU dan lainnya.

 

“Selain itu, ada pula Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang yang turut pula bergabung bersama kami dalam menghimpun bantuan dan donasi dari masyarakat,” terangnya.

 

Menurutnya, donasi bantuan yang dikumpulkan di Pendopo Lumajang tersebut nantinya akan disalurkan kepada warga terdampak melalui posko di Balai Desa Sumber Wuluh dan Balai Desa Penanggal Kecamatan Candipuro, Lumajang.

 

“Insyaallah, pukul 22.00 WIB malam ini bantuan akan kami salurkan kepada warga terdampak,” ucap Gus Naufal, sapaan akrabnya, Sabtu (04/12/2021) malam.

 

Gus Naufal menyebutkan, bahwa direncanakan proses pengantaran bantuan dan donasi tersebut akan dilakukan dengan menggunakan truk atau kendaraan taktis lainnya. Hal ini dilakukan agar dapat menembus medan yang cukup berat.

 

“Rencananya setelah semua donasi terkumpul akan diantar langsung ke lokasi dengan truk dan kendaraan taktis lainnya yang bisa masuk medan berat.” Tegasnya.

 

Menurut Gus Naufal, asesmen dan petugas lainnya dari pihak Ansor Lumajang sudah terjun ke lokasi, yang dipimpin langsung oleh Wakil Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Wakasatkorcab) Banser Lumajang. 

 

Hal tersebut dilakukan atas instruksi dari Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Banser yang juga Bupati Lumajang, H Thoriqul Haq.

  

“Saat ini mereka sudah berada di Balai Desa Penanggal Kecamatan Candipuro. Nantinya mereka yang akan melaporkan dan memberi arahan dalam pendistribusian bantuan ke warga terdampak agar merata dan tepat sasaran,” tandasnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Tapal Kuda Terbaru