• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 6 Desember 2022

Tapal Kuda

Jembatan Terputus Akibat Lahar Semeru, Jalur Lumajang-Malang Lumpuh Total

Jembatan Terputus Akibat Lahar Semeru, Jalur Lumajang-Malang Lumpuh Total
Foto: Satlantas Polres Lumajang
Foto: Satlantas Polres Lumajang

Lumajang, NU Online Jatim

Erupsi Gunung Semeru yang terjadi Sabtu (04/12/2021) sore tadi pukul 15.00 WIB mengakibatkan Jembatan Perak ambruk di Kabupaten Lumajang. Itu karena derasnya aliran lahar yang dimuntahkan Gunung Semeru. Ambruknya jembatan perak ini menyebabkan jalur selatan Lumajang-Malang lumpuh total.

 

Jembatan dengan panjang sekitar 100 meter tersebut membentang di atas permukaan Sungai Besuk Sat, Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang yang menjadi aliran lahar. 

 

"Terputus total mas," ungkap Muhklason, Relawan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Lumajang saat dikonfirmasi NU Online Jatim.

 

Ia menambahkan, berdasar informasi yang dikeluarkan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lumajang arus lalu lintas telah dialihkan.

 

"Kepolisian sudah mengeluarkan informasi pengalihan lalu lintas, di poster disebutkan semua kendaraan dari Senduro Lumajang-Poncokusumo Malang maupun sebaliknya dialihkan untuk putar balik, semua kendaraan baik dari Malang atau pun akan ke Malang dialihkan untuk kembali lewat Probolinggo," ungkapnya.

 

Diberitakan sebelumnya, Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang dilaporkan mengalami erupsi. Informasi ini juga diposting Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di akun instagram pribadinya. Dalam video yang diunggah Khofifah, terlihat gumpalan asap pekat menjulang ke atas. Selain itu, tampak pula warga berhamburan.

 

Editor: Romza

 

 


Editor:

Tapal Kuda Terbaru