• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 2 Juli 2022

Tapal Kuda

Gunung Semeru Erupsi, Warga Masih Mengungsi di Masjid

Gunung Semeru Erupsi, Warga Masih Mengungsi di Masjid
Suasana saat Gunung Semeru erupsi. Foto: Istimewa
Suasana saat Gunung Semeru erupsi. Foto: Istimewa

Lumajang, NU Online Jatim

Gunung Semeru kembali erupsi pada Sabtu (04/12/2021). Sekitar pukul 15. 00 WIB Gunung Semeru mulai menyemburkan awan panas dan lahar dingin beserta abu vulkanik. Akibatnya, warga sekitar panik hingga berlarian menyelamatkan diri. HIngga kini sebagian warga masih mengungsi di masjid.

 

Berdasarkan informasi yang dihimpun NU Online Jatim, kondisi terparah ada di Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro sekitar sungai Curah Kobo'an yang menjadi aliran lahar Gunung Semeru.

 

"Ini banyak rumah warga sekitar ambruk, bahkan sebagian tenggelam karena abu. Sementara ini warga tidak bisa kemana-mana, kumpul di masjid, kami butuh angkutan truk untuk evakuasi," ungkap Ihsan salah satu relawan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) yang ikut mengevakuasi warga.

 

Diberitakan sebelumnya, Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang dilaporkan mengalami erupsi. Informasi ini juga diposting Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di akun instagram pribadinya.   Dalam video yang diunggah Khofifah, terlihat gumpalan asap pekat menjulang ke atas. Selain itu, tampak pula warga berhamburan.

 

Editor: Romza

 

 


Editor:

Tapal Kuda Terbaru