• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 25 Mei 2022

Metropolis

NU Peduli Semeru

NU Sidoarjo Peduli Bakal Bangun Mushala untuk Korban Semeru di Lumajang

NU Sidoarjo Peduli Bakal Bangun Mushala untuk Korban Semeru di Lumajang
Sabarudin, Ketua UPZIS LAZISNU Ranting Wedoro, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo (kiri) menyerahkan donasi kepada Ketua UPZIS LAZISNU MWC Waru di kantor MWC setempat, Sabtu (08/01/2022).(Foto: NOJ/LYR)
Sabarudin, Ketua UPZIS LAZISNU Ranting Wedoro, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo (kiri) menyerahkan donasi kepada Ketua UPZIS LAZISNU MWC Waru di kantor MWC setempat, Sabtu (08/01/2022).(Foto: NOJ/LYR)

Sidoarjo, NU Online Jatim

NU Sidoarjo Peduli Semeru berencana akan membangun mushala dan masjid bagi penyintas Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang. Serangkaian persiapan dan koordinasi internal terus dilakukan.

 

Mendukung rencana tersebut, Unit Pengelola Zakat, Infak, Shadaqah (UPZIS) Lembaga Amil Zakat, Infak, Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Ranting Wedoro, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo menyerahkan donasi berupa uang tunai sejumlah Rp10 juta kepada UPZIS LAZISNU Majelis Wakil Cabang (MWC) Waru di kantor MWC setempat, Sabtu (08/01/2022).

 

Sabarudin, Ketua UPZIS LAZISNU Ranting Wedoro mengatakan, pihaknya telah mendapatkan instruksi dari UPZIS LAZISNU MWC Waru untuk mendukung rencana pembangunan mushala dan masjid yang diinisiasi oleh NU Sidoarjo Peduli Semeru dan NU Care-LAZISNU Sidoarjo tersebut.

 

“Kami sangat menyambut baik dan mendukung rencana program pembangunan masjid, TPQ, dan mushala bagi korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang. Donasi yang terkumpul sampai saat ini total sebanyak Rp17.881.000 serta sejumlah natura atau barang. Sebagian sudah kami tasharrufkan saat mengikuti kunjungan  bersama Tim Waru Bersatu Peduli Erupsi Semeru beberapa waktu lalu,” katanya kepada NU Online Jatim.

 

Lebih lanjut, Sabarudin mengungkapkan, donasi yang terkumpul berasal dari Nahdliyin di Desa Wedoro serta hasil penggalangan yang dilakukan oleh badan otonom (banom) dan lembaga. Adapun proses penghimpunan donasi selama tiga minggu.

 

Dijelaskannya, UPZIS LAZISNU Ranting Wedoro juga masih membuka donasi untuk korban terdampak erupsi Gunung Semeru.

 

“Kami berharap semua elemen masyarakat masih peduli dan mendonasikan sebagian rizkinya untuk korban erupsi Gunung Semeru. Kami  selalu berdoa kepada Allah SWT agar semua pihak yang peduli terhadap saudara - saudara kita yang mengalami musibah ini, semoga semua amal ibadahnya diterima oleh Allah, mudah-mudahan tidak ada lagi musibah yang menimpa negeri ini,” pungkasnya.

 

Sementara itu, Ketua UPZIS LAZISNU MWC Waru H Abd Adhim mengapresiasi dan mendukung program NU Sidoarjo Peduli yang akan membangun masjid dan mushala di Lumajang, karena hal tersebut juga sesuai dengan keinginan para donatur yang terkoordinir dalam Tim Waru Bersatu Peduli Erupsi Semeru.

  

“Setelah mengikuti rapat kordinasi di kantor PCNU Sidoarjo hari Jumat kemarin, kami segera menginstruksikan kepada semua UPZIS LAZISNU di Kecamatan Waru untuk melanjutkan penggalangan donasi peduli Gunung Semeru. Demi terwujudnya program yang dikoordinir oleh PCNU Sidoarjo melalui LAZISNU Sidoarjo,” tuturnya.


Editor:

Metropolis Terbaru