• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 4 Februari 2023

Pantura

Anggota Muslimat NU Bojonegoro Dilatih Produktif Berwirausaha

Anggota Muslimat NU Bojonegoro Dilatih Produktif Berwirausaha
Anggota Muslimat NU Bojonegoro saat mengikuti pelatihan keterampilan membuat roti bakery dan pastry di kompleks PCNU Bojonegoro, Ahad (29/11/2020). (Foto: NOJ/ Yazid)
Anggota Muslimat NU Bojonegoro saat mengikuti pelatihan keterampilan membuat roti bakery dan pastry di kompleks PCNU Bojonegoro, Ahad (29/11/2020). (Foto: NOJ/ Yazid)

Bojonegoro, NU Online Jatim

Meskipun menjadi ibu rumah tangga, tidak membuat perempuan di Kabupaten Bojonegoro yang tergabung dalam Muslimat NU berdiam diri. Sebab, para ibu rumah tangga dibekali pengetahuan supaya produktif melalui pelatihan wirausaha yang dihelat Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Bojonegoro.

 

Ketua PC Muslimat NU Bojonegoro, Ririn Muktamiroh mengungkapkan, anggota Muslimat merupakan ibu rumah tangga. Selain itu aktifitas lainnya bervariatif seperti guru, pegawai, penyuluh, pedagang, dosen, penjahit dan lainnya.

 

Namun upaya pemberdayaan PC Muslimat NU Bojonegoro terus dilakukan dan ditingkatkan. Salah satunya melalui kegiatan wirausaha pemberdayaan tenaga kerja mandiri seperti sekarang ini. "Agar bisa menciptakan wirausaha baru bagi Muslimat," ungkapnya disela-sela pelatihan keterampilan membuat roti bakery dan pastry di kompleks PCNU Bojonegoro, Ahad (29/11/2020).

 

Menurut Ririn, kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 28 sampai 30 November 2020. Setidaknya diikuti 20 peserta dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) se-Bojonegoro, yang diselenggarakan PC Muslimat bekerjasama dengan Kemenaker RI.

 

"Melalui pelatihan Muslimat ini, selain bersilaturrahim dan mendapatkan ilmu untuk meningkatkan SDM (Sumber Daya Manusia). Diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga dimasa pandemi," terangnya.



Pasalnya setelah pelatihan nanti, peserta akan diberikan peralatan membuat roti, dengan begitu tidak berhenti selesai pelatihan. Namun bisa berkreasi dan berinovasi dalam pembuatan roti dirumahnya masing-masing.



"Muslimat merekrut yang muda-muda, agar giat dan aktif menjalankam organisasi. Sebab salah satu peran muslimat menciptakan lapangan," ungkapnya.

 



Mantan anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro ini juga menambahkan, untuk menciptakan wirausaha PC Muslimat NU Bojonegoro mendapatkan program dari Bupati Bojonegoro, Ibu Anna Mu'awanah kerja sama dengan dinas Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja. Hampir seluruh PAC Muslimat mendapatkan pelatihan mulai ternak lele, membuat makanan berbahan baku singkong, menjahit, merajut, painting, hantaran dan lainnya.

 

"Sedangkan dari PMD Provinsi Jawa Timur kemarin ada pelatihan membuat bronis mocaf yakni tepung singkong. Sehingga dengan begitu perempuan NU bisa menjadi UMKM," pungkas perempuan asal Kecamatan Baureno, Bojonegoro tersebut.

 

Editor: Romza


Editor:

Pantura Terbaru