• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 7 Juli 2022

Tapal Kuda

PCNU Situbondo Terima Hibah Formula Obat Tanaman Organik

PCNU Situbondo Terima Hibah Formula Obat Tanaman Organik
Serah terima formula obat tanaman organik kepada PCNU Situbondo. (Foto: NOJ/ Muhammad Fathurrahman P)
Serah terima formula obat tanaman organik kepada PCNU Situbondo. (Foto: NOJ/ Muhammad Fathurrahman P)

Situbondo, NU Online Jatim
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Situbondo melakukan serah terima hibah Formula Jakaba Plus (Obat Tanaman Organik). Penyerahan dilakukan langsung oleh Junaidi pemilik Formula Jakaba Plus kepada PCNU Situbondo di NU Cafe Karang Asem, Situbondo, Sabtu (16/04/2022).


"Saya Junaidi, selaku pemilik Formula Jakaba ingin menghibahkan apa yang saya miliki, yaitu Jakaba ini. Saya harap Jakaba ini bisa membantu para petani dan sebagai jariyah saya," ujarnya.


Ia menceritakan, bahwa awal lahirnya Jakaba berangkat dari kekhawatiran salah satu petani terhadap obat-obatan pertanian yang semakin mahal dan membuat resisten terhadap hama dan penyakit.


"Kemudian muncullah ide bagaimana caranya untuk kembali kepada kearifan lokal, yaitu organik. Sehingga tahun 2016 lalu ditemukanlah Jakaba yang pertama kali diuji coba pada tanaman tembakau," ungkapnya.


Setelah dihibahkan ke NU, produk obat tanaman organik tersebut diberi nama NU Jakaba Plus dan Hak Kekayaan Intelektual (Haki) jadi milik PCNU setempat. "Saya niat khidmat dan mengabdi kepada Nahdlatul Ulama, yang saya punya hanya Jakaba Plus, makanya saya hanya bisa menyumbangkan ini. Semoga manfaat," katanya.


Sementara Ketua PCNU Situbondo, KH Muhyiddin Khatib mengapresiasi dan berterima kasih sebesar-besarnya atas sumbangsih dan kerelaan Junaidi dalam menghibahkan formula Jakaba Plus.


"Terima kasih kami sampaikan yang telah ikhlas untuk memberikan formula obat organik Jakaba serta HAKI-nya secara Cuma-cuma kepada PCNU Situbondo," tutur Majelis Masyayikh Kemenag RI ini.


"Ini merupakan suatu karya besar yang dibuat oleh putra daerah Situbondo yang sudah mendunia produknya. Dan yang terpenting, produk ini sudah dirasakan manfaatnya di Situbondo," imbuhnya.


Hal senada juga disampaikan oleh Katua Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Situbondo, Tri Pujiantoro. Selain mengapresiasi, ia mengatakan bahwa hal tersebut adalah bentuk penyelamatan karya intelektual karya anak bangsa yang telah mendunia.


"Karena Jakaba Plus ini sudah mendunia, sehingga takut dipatenkan oleh orang lain. Maka, secepat mungkin kami akan mengurus hak patennya," ujarnya.


Selanjutnya, produk Jakaba Plus ini akan diproduksi dan dikembangakn oleh PCNU Situbondo. Hal ini dilakukan sebagai harapan untuk membantu perekonomian masyarakat, utamanya Nahdliyin di Situbondo.


Tapal Kuda Terbaru