• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Tapal Kuda

Pupuk Nukaffa NU Situbondo, Solusi Atasi Kelangkaan

Pupuk Nukaffa NU Situbondo, Solusi Atasi Kelangkaan
Sosialisasi produk pupuk Nukaffa PCNU Situbondo kepada Nahdliyin di Situbondo. (Foto: NOJ/ Muhammad Fathurrahman P)
Sosialisasi produk pupuk Nukaffa PCNU Situbondo kepada Nahdliyin di Situbondo. (Foto: NOJ/ Muhammad Fathurrahman P)

Situbondo, NU Online Jatim

Pupuk kimia sudah menjadi kebutuhan mayoritas petani. Guna mengatasi kekurangan dan kelangkaan pupuk kimia, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Situbondo melalui Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU), Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) dan Koperasi 234, memproduksi pupuk Nukaffa.

 

Untuk itu, sosialisasi produk pupuk Nukaffa dilakukan agar semakin dikenal khalayak. Kegiatan tersebut dipusatkan di kediaman Fathorrahman, Desa Kembangsari, Kecamatan Jatibanteng, Kabupaten Situbondo, Selasa (07/12/2021)

 

Dalam sambutannya, Wakil Katib PCNU Situbondo KH Ahmad Hanif Ali Makki menyampaikan, bahwa Nukaffa hadir sebagai solusi mengatasi kelangkaan pupuk di tengah masyarakat.

 

"Nukaffa ini adalah Pupuk Organik Cair (POC) yang dihadirkan sebagai solusi bagi Nahdliyin dan masyarakat umum dalam menghadapi kelangkaan pupuk kimia," ujarnya.

 

Dirinya berharap, agar masyarakat dapat mencoba pupuk produk andalan PCNU Situbondo tersebut. Hal tersebut sebagai wujud memanfaatkan kreatifitas dan produktifitas warga NU. 

 

“Selain itu, juga untuk menghemat tenaga dan biaya, serta berfungsi untuk mengembalikan unsur tanah," ungkapnya.

 

Sementara Ketua Koperasi 234, Arik Setyo Budi menyampaikan, bahwa visi dari hadirnya Nukaffa ialah agar masyarakat bisa mandiri secara ekonomi, dengan konsep produktifitas, kemitraan, dan pemberdayaan.

 

Selain itu, ia menyampaikan bahwa Nukaffa merupakan solusi alternatif bagi masyarakat. "Serta solusi bagi langkanya pupuk kimia di pasaran. Bahkah, Nukaffa juga berfungsi untuk merekonstruksi tanah," imbuhnya.

 

Di sisi yang berbeda, Taufiq selaku teknisi Nukaffa menjelaskan, tata cara dan takaran penggunaan POC Nukaffa yaitu 250 mili liter Nukaffa dilarutkan pada 14 liter air dan ditambah pupuk urea sebanyak 1 gelas ukuran 250 liter. 

 

“Kemudian disemprotkan pada tanah dan tanaman,” katanya menjelaskan. 

 

Ia menambahkan, untuk lahan yang dirasa sudah beradaptasi dengan Nukaffa atau sudah pernah menggunakannya produk Nukaffa, maka tidak perlu ditambahkan pupuk urea.

 

“Harga produk pupuk Nukaffa ini sangat terjangkau, yaitu dibanderol dengan harga Rp50 ribu per liter,” katanya.

 

 

Selain dilakukan sosialisasi kepada masyarakat, PCNU Situbondo dan LPNU Situbondo juga turun ke lapangan mensurvei lahan masyarakat yang akan menggunakan produk Nukaffa.

 

Editor: A Habiburrahman


Tapal Kuda Terbaru